Home / BERANDA / 2000 Pengunjung Padati Pasola Gaura, Kabag Ops Polres Sumba Barat Pimpin Giat Pengamanan

2000 Pengunjung Padati Pasola Gaura, Kabag Ops Polres Sumba Barat Pimpin Giat Pengamanan

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Bulan Februari dan Maret memang waktu yang dinanti-nanti oleh para penikmat budaya dan tradisi khas Sumba, yakni Pesta Adat Pasola. Berwujud tontonan perang berkuda, dengan membawa lembing kayu para pemain yang terdiri dari dua kelompok ini akan saling penyerang. Tak hanya wisatawan domestik, tradisi Pasola ini juga diminati oleh para wisatawan mancanegara yang secara khusus datang untuk menyaksikan pertunjukan perang berkuda.

Sabtu (02/03/2019), bertempat di Lapangan Adat Harotango, Desa Wetana, Kecamatan Laboya barat, Kabupaten Sumba Barat telah dilaksanakan Pesta Adat Pasola Gaura. Diikuti oleh 50 peserta atau pemain yang berasal dari Desa Gaura dan Wetana, tim terbagi atas dua kelompok, yakni Kelompok Kawango dan Kelompok Boro.

Pesta budaya ini dibuka secara adat oleh Rato Holong Rina (sebagai penunggang kuda dari Kelompok Kawango) dan Rato Kedu (sebagai penunggang kuda dari Kelompok Boro). Melantunkan syair-syair adat serta membuang sirih pinang ditengah lapangan, kedua Rato Adat tersebut kemudian saling melempar lembing Sebanyak dua kali yang kemudian diikuti oleh para pemain lannya. Moment sakral inilah yang dinanti-nanti oleh para pelancong, unik, masih asli, misteri dan terkandung makna filosofi didalamnya.

Hadir pada Pesta Adat Pasola Gaura yakni Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, para Staf Ahli dan Asisten Bupati Sumba Barat, para Pimpinan OPD Kabupaten Sumba Barat, Kabag ops dan PJU Polres Sumba Barat, Camat Laboya barat, Danramil 1613-04 Walakaka, Kapolsek Lamboya , Kapolsubsektor Gaura, para Kepala Desa, para Rato Adat dan para Tokoh Masyarakat se Kecamatan Laboya Barat serta para penonton/pengunjung yang berjumlah sekitar 2000 orang.

Dibanjiri oleh ribuan pengunjung, atas perintah dari Kapolres Sumba Barat AKBP Michael Irwan Thamsil, S.I.K., gelaran Pesta Adat Pasola Gaura mendapatkan pengamanan dari Personil Gabungan Polres Sumba Barat dan Polsek Lamboya serta Polsubsektor Gaura yang berjumlah sekitar 88 personil dengan dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Sumba Barat Akp Jeffris L. D. Fanggidae. Berakhir sekitar pukul 12.30 Wita, gelaran Pesta Adat Pasola berlangsung dengan lancar, aman dan tertib. (fb3G)

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Aplikasikan Pemanfaatan Bansos Disampaikan oleh Brigpol Nirwan Kepada Ibu Sarianti

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Bantuan sosial Program Keluarga Harapan atau PKH dan Beras Sejahtera …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *