Gelaran Ritual Adat 'Liomadongara' Jelang 'Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020' Mencuri Perhatian Wisatawan

Gelaran Ritual Adat 'Liomadongara' Jelang 'Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020' Mencuri Perhatian Wisatawan

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Hari ini Kamis tanggal 20 Februari 2020, gelaran 'Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020' akan berlangsung di Lapangan Hobakala, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat. Menjadi bagian dari salah satu adat dan istiadat yang dimiliki Sumba, pagi ini jelang pelaksanaan 'Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020' telah digelar giat Pra Pasola atau yang biasa disebut dengan 'Liomadongara'.

Berlangsung sekitar pukul 05.30 Wita pagi tadi, Liomadongara digelar di Pantai Karewee, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat oleh para Rato Sodan atau Tokoh Adat yang selalu memimpin jalannya upacara atau ritual adat.

Baca Juga ; Waka Polres Sumba Barat Pimpin Gelaran Apel Persiapan Pengamanan Pasola Lamboya Tahun 2020

Ritual adat Liomadongara sendiri adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan sebelum gelaran Pasola dengan cara melempar sirih untuk memanggil serta mengambil 'Nyale' yang dilakukan secara simbolis di Pantai Karewee oleh para Rato Sodan dan dipimpin oleh Rato Talo Nodu.

Usai 'Nyale', giat dilanjutkan dengan persiapan menunggu kedatangan 2 (dua) ekor Kuda Pamali, yaitu Kuda Walabaku (Malisu) dan Kuda Pamali Hogorakangali (Sodan) ke Pantai Karewee. Setelah kedua Kuda Pamali datang, ritual adat penyembahan dilanjutkan dengan kedua penunggang kuda saling melempar lembing kayu sebanyak 3 (tiga) kali.

Setelah itu kedua kuda menuju ke Lapangan Hobakala untuk membuka gelaran Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020, sedangkan Rato Sodan kembali ke Kampung Sodan dengan melewati sepanjang Sungai Kadengara.

Hanya ada di Sumba dan tidak dapat kita jumpai di manapun, gelaran ritual Liomadongara banyak mencuri perhatian para wisatawan dan masyarakat lokal itu sendiri. Dihiasi langit yang berwarna merah menandakan sinar mentari akan muncul, tampak gelaran ritual Liomadongara dipadati oleh para penikmat budaya.

Berakhir sekitar pukul 08.00 Wita, upacara ritual adat Liomadongara berjalan aman dan lancar. Saat ini gelaran Pesta Budaya Pasola Lamboya 2020 tengah digelar dan dibanjiri oleh warga lokal dan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dan atas instruksi dari Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si. , seluruh personel Polres Sumba Barat bertugas melakukan pengamanan selama gelaran Pasola berlangsung.

FB3G