Home / BERANDA / Hari Bhayangkara ke 73 | 13 Polsek Jajaran Ikuti Lomba ‘Peran Bhabinkamtibmas Dalam Membangkitkan Fungsi Pos Kamling’

Hari Bhayangkara ke 73 | 13 Polsek Jajaran Ikuti Lomba ‘Peran Bhabinkamtibmas Dalam Membangkitkan Fungsi Pos Kamling’

POLRES SUMBA BARAT ; Pos Keamanan Lingkungan atau Pos Kamling pada jaman dahulu memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dan strategis. Karena melalui sarana ini masyarakat dapat melakukan aktivitas tak hanya dalam hal pengamanan saja, akan tetapi ajang berkumpulnya para ibu-ibu untuk melakukan giat rutin seperti arisan dan lain sebagainya.

Berjalannya waktu, keberadaan Pos Kamling lambat laun mulai memudar. Dan untuk membangkitkan kembali fungsi daripada Pos Keamanan Lingkungan ini, para Bhabinkamtibmas Polres Sumba Barat mulai gencar menyambangi desa binaan.

Bertanggung jawab atas desa binaan, para Bhabinkamtibmas mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali fungsi Pos Kamling pada masing-masing desa. Hal ini bertujuan untuk memberikan dan menjamin keamanan serta kenyamanan masyarakat dari lingkup terkecil, seperti yang selalu disampaikan oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Michael Irwan Thamsil, S.I.K.

Dan bertepatan dengan peringatan Hari Bhayangkara yang ke 73 Tahun 2019, atas inisiatif Kapolres Sumba Barat telah digelar perlombaan ‘Peran Bhabinkamtibmas Dalam Membangkitkan Fungsi Pos Kamling’ pada masing-masing desa binaan. Hal ini disambut baik oleh 13 Polsek jajaran, khususnya para Bhabinkamtibmas yang telah bekerja keras bersama warga binaan untuk membangkitkan peran dan fungsi dari Pos Kamling.

Adapun kriteria penilaian ‘Peran Bhabinkamtibmas Dalam Membangkitkan Fungsi Pos Kamling’ meliputi tujuh aspek yakni, Pos Kamling dan Sarananya, Bentuk Pos Kamling, Perlengkapan dan Inventaris, Perlengkapan Perorangan, Kemampuan Petugas, Pos Kamling yang Berada di Daerah Pemukiman serta Inovasi dan Kreativitas.

Dipimpin oleh Kabag Sumda Polres Sumba Barat AKP Kristian Eoh dan Kasat Binmas Polres Sumba Barat IPTU I Nyoman Miasa, tim penilai mengawali penilaiannya di Kampung Bodokadoke, Desa Uburaya, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat dan Kampung Manuakalada, Desa Wendewa Selatan, Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah, Senin (24/06/2019)

Selama pelaksanaan penilaian, tim didampingi oleh Bhabinkamtibmas yang bertanggung jawab atas wilayahnya. Tampak mereka dan warga binaan sangat antusias dan bersemangat mengikuti perlombaan sambut Hari Bhayangkara ke 73 di lingkungan Polres Sumba Barat.

(FB3G)

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Bersama Tim Satgas Dana Desa, Brigpol Budiman Lakukan Monev Realisasi APBDes di Desa Mbilur Pangadu

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polsek Umbu Ratu Nggay ; Polri sebagai institusi yang bertanggung jawab menjaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *