Home / BERANDA / Kapolres AKBP Gusti Maycandra Lesmana, S.IK, MH Pimpin Langsung Pengamanan Pesta Adat Pasola Waikaninyo

Kapolres AKBP Gusti Maycandra Lesmana, S.IK, MH Pimpin Langsung Pengamanan Pesta Adat Pasola Waikaninyo

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Telah berlangsung Pesta Adat Pasola di Lapangan Hombakalaiyo Desa Waikaninyo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Rabu (07/02/2018). Perayaan Pesta Adat Pasola yang berlangsung pada pukul 10.00 Wita pagi ini dipimpin oleh Rato Adat Dolo Pati dan dihadiri oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Gusti Maycandra Lesmana, S.IK, MH, Kabag Ops, Kasat Intelkam, Kapolsek Kodi Bangedo, Kapolsek Kodi, Kadis Pariwisata Kabupaten Sumba Barat Daya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Kepala Desa Waikaninyo, Danramil 1613 Kodi Bangedo dan Camat Kodi Bangedo. Turut serta meramaikan gelar Pesta Adat Pasola kurang lebih sejumlah 1.000 pengunjung yang terdiri dari masyarakat sekitar dan umum, serta para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang sengaja datang ingin menyaksikan secara langsung Budaya Khas Sumba ini.

Begitu ramainya pengunjung yang membanjiri Pesta Adat yang merupakan bagian dari kepercayaan tradisional Marapu ini, hingga mendapat pengamanan khusus dari TNI dan Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat Gusti Maycandra Lesmana, S.IK, MH. Dipimpin oleh Kapolres, berikut ini personil tim pengamanan yang dikerahkan selama berlangsungnya Pesta Adat Pasola, yaitu 1 Pleton Polsek Kodi Bangedo,1 Pleton Polsek Kodi Utara, 1 Pleton Polsek Kodi, 1 Pleton Brimob Sub Den 4 Den A Pelopor Sumba Barat Daya, 1 Pleton Sat Sabhara Dalmas, 1 Unit Sat Lantas, 1 Unit Sat Reskrim, 1 Unit Sat Intelkam, 1 Unit Provost dan 1 Pleton Kodim 1613 Sumba Barat.

Untuk tetap menjaga kestabilan situasi kamtibmas selama berlangsungnya Pesta Adat, Kapolsek Kodi Bangedo I Nyoman Miasa bersama dengan Danramil 1613-03 Kodi, para personil Polres Sumba Barat dan Polsek Kodi Bangedo serta anggota Koramil melaksanakan sterilisasi, penertiban senjata tajam, dan operasi kepemilikan minuman keras.

Perayaan Pesta Adat Pasola Waikaninyo merupakan budaya turun temurun dari nenek moyang yang rutin digelar setiap tahunnya di wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya, tepatnya di Kecamatan Kodi Bangedo. Perayaan Pesta Adat Pasola berakhir pada pukul 13.20 Wita, dan berlangsung dengan lancar, aman dan tertib.

Editor              : F Budiono
Penulis            : I Gede E. P. Kumbara
Publish            : I Putu Pasel
Dokumentasi : K Korpriano Dami

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

KP3 Laut Waikelo Patroli dan Sambang Warga Di Seputaran Pelabuhan Waikelo

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; KP3 Laut Waikelo Melaksanakan Patroli dan Sambang kepada masyarakat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *