Home / BERANDA / Kapolres Sumba Barat Pimpin Apel Pengecekan Personil Sekaligus Pengamanan Pesta Adat Pasola

Kapolres Sumba Barat Pimpin Apel Pengecekan Personil Sekaligus Pengamanan Pesta Adat Pasola

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Berkenaan dengan akan digelarnya Pesta Adat Pasola yang bertempat di Lapangan Kacaru, Desa Wainyapu, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya. Hari ini Rabu (27/03/2019) sekitar pukul 09.35 Wita telah dilaksanakan giat Apel Pengecekan Personil Pengamanan Pasola yang dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Michael Irwan Thamsil, S.I.K.

Dan sekitar pukul 10.30 Wita, masih di lokasi yang sama telah dibuka secara adat oleh Rato Rangga Katodo gelaran Pesta Adat Pasola yang ditandai dengan dilarikannya Kuda Nyale mengelilingi arena tempat berlangsungnya Pesta Budaya Khas Sumba ini. Diikuti oleh 30 (tiga puluh) pemain atau penunggang kuda yang berasal dari 6 (enam) Kecamatan, yakni Kecamatan Lamboya, Laboya Barat, Kodi Utara, Kodi, Kodi Bangedo dan Kodi Balaghar, tim terbagi menjadi 2 (dua) kelompok.

Hadir dalam gelaran Pesta Adat Pasola yakni Wakil Bupati Sumba Barat Daya Drs. Ndara Tanggu Kaha, Kepala Dinas Pariwisata, Kapolres Sumba Barat AKBP Michael Irwan Thamsil, S.I.K., Waka Polres Sumba Barat Kompol I Nyoman B. Artawan, S.H, S.I.K., Kabag Ops Polres Sumba Barat AKP Jeffris L. D. Fanggidae, Kasubag Dal Ops AKP Yosep Wahon, Intelkam Polres Sumba Barat AKP Marselinus Hale, Kasat Lantas Polres Sumba Barat AKP Imanuel Zakarias, Camat Kodi, para Caleg DPR Tingkat Kabupaten (Dapil IV), Caleg DPR Provinsi, Caleg DPR RI, Caleg DPD RI, para Kepala Desa di Kecamatan Kodi Bangedo, Kodi Balaghar, Kodi, Kodi Utara, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan masyarakat di wilayah setempat serta para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat, selama berlangsungnya gelaran Pesta Adat Pasola telah dilakukan Pengamanan Terbuka oleh Personil Gabungan dari Polres Sumba Barat, Polsek/Pospol jajaran Polres Sumba Barat dan Brimob SubDen 4 Den A Sumba Barat Daya serta Koramil 1613 – 03/Kodi yang berjumlah sebanyak 310 personil.

Merupakan budaya peninggalan leluhur, sudah sepatutnya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga serta melestarikan budaya yang saat ini mampu menjadi magnet dan daya tarik bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara sehingga datang ke Sumba. Berakhir sekitar pukul 13.30 Wita, giat Pesta Adat Pasola inipun berlangsung dengan lancar, aman dan tertib. (Fb3G)

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Kapolsek Menyapa Warga Melalui Giat Sambang

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Sambang Warga merupakan salah satu langkah yang dilakukan Polres …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *