Kapolres Sumba Barat Tegaskan Peran Polri dalam Mengawal & Mengawasi Dana Desa

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Pemberian Dana Desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan desa melalui peningkatan pelayanan publik di desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antara desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan.

Pemberian Dana Desa di seluruh wilayahpun terus digulirkan oleh Pemerintah pada setiap tahun anggaran yang telah ditentukan. Tak terkecuali di wilayah hukum Polres Sumba Barat, tepatnya di Kabupaten Sumba Barat, Sumba Barat Daya dan Sumba Tengah.

Sosialisasi atau penyuluhan tentang aturan terkait penggunaan Dana Desa yang tepat sebagaimana peruntukkannya juga terus dilakukan, seperti yang telah berlangsung di Aula Kantor Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat, Kamis (05/12/2019).

Baca Juga ; 3 Pelaku Perjudian Berhasil Diringkus Tim Polsek Urban Loura, Kapolres Perintahkan Tumpas Penyakit Masyarakat

Hadir dalam forum rapat, Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si didapuk memberikan pengarahan terkait pengelolaan Dana Desa sekaligus menyampaikan peran Polri didalamnya. Adapun peserta rapat aktif yang terlibat yakni para Camat, Kepala Desa, Pendamping Desa, TPID Kecamatan dan Staf Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat.

Imbauan untuk mengalokasikan Dana Desa sesuai dengan aturan dan tepat sasaran menjadi ‘benang merah’ dari sekian banyak materi-materi yang disampaikan oleh AKBP Khairul. Jangan main-main dalam mempergunakan Dana Desa, mari kita bangun pelosok Sumba dengan anggaran yang telah diberikan oleh Pemerintah, tuturnya.

Saya melalui kepanjangan tangan yang ada di desa, yakni para Bhabinkamtibmas ‘si ujung tombak’ akan terus melakukan pengawasan dan pengawalan pengelolaan Dana Desa yang ada di seluruh wilayah hukum Polres Sumba Barat, tambahnya.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat atas kesediaan Kapolres Sumba Barat untuk hadir sendiri dalam forum dan berkenan memberikan arahan kepada seluruh peserta terkait pengelolaan Dana Desa. Dan kami selaku penyelenggara akan selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian demi kelancaran dan keamanan selama pengelolaan Dana Desa, katanya.

Terakhir, Kapolres mengatakan akan ikut serta dan berkunjung ke desa-desa untuk melihat secara langsung proses pengelolaan Dana Desa. Bukan apa-apa, karena kami memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan penyelewengan Dana Desa yang tidak sesuai dengan peruntukkannya, pungkasnya.

FB3G

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password