Home / BERANDA / Kapolsek Lamboya & Tim Siap Manjakan Mata Wisatawan pada Acara Adat Pasola Nanti

Kapolsek Lamboya & Tim Siap Manjakan Mata Wisatawan pada Acara Adat Pasola Nanti

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Membuat mata yang memandang berdecak kagum dan jantung berdebar kencang seakan-akan benar-benar tengah menyaksikan perang pasukan berkuda dengan disertai saling lempar tombak, begitulah gambaran tradisi unik Pulau Sumba yang disebut dengan Pasola. Tradisi dari leluhur suku Sumba yang menganut kepercayaan asli Marapu ini masih terus dilakukan secara rutin setiap tahunnya.

Bahkan saat ini Pasola mejadi salah satu destinasi tujuan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang penasaran ingin menyaksikan secara langsung perang berkuda ala Sumba. Dan untuk memenuhi rasa penasaran dan keingintahuan para wisatawan serta masyarakat Sumba itu sendiri, nanti tanggal 2 Pebruari 2019 akan digelar Acara Adat Pasola di Lapangan Hobakala, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat.

Jelang acara adat yang pasti dinantikan banyak wisatawan, hari ini Kamis ( 17/01/2019) telah dilaksanakan giat Penggalangan terhadap Kepala Desa Patiala Bawa Luther Laku Nija (52) oleh Kapolsek Lamboya bersama anggota dan Unit Intel. Bertatap muka secara langsung dengan Kepala Desa dimana gelaran Acara Adat Pasola berlangsung nanti, Kapolsek Lamboya berkesempatan menyampaikan beberapa hal terkait persiapan serta pengamanan jelang dan pada saat gelaran Pasola berlangsung.

Sebagaimana yang telah diinstruksikan Kapolres Sumba Barat AKBP Michael Irwan Thamsil, S.IK, pada kesempatan ini Kapolsek Lamboya mengajak Kepala Desa dan warga untuk bersama-sama melakukan kerja bakti serta membersihkan area maupun jalan raya di sekitar lapangan. Dan untuk tetap menjaga kestabilan situasi kamtibmas di wilayah hukumnya jelang acara adat yang bakalan ramai ini, Kapolsek Lamboya menghimbau warga desa untuk tidak membawa senjata tajam, menjual dan mengkonsumsi minuman keras di area gelaran Acara Adat Pasola nanti berlangsung.

Upaya ini dilakukan oleh tim Polsek Lamboya untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya ganguan kamtibmas yang dapat dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. Dan sebagai tuan rumah, Kapolsek Lamboya mengajak Kepala Desa dan warga untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi para tamunya nanti. Dengan tetap menjaga keamanan, kenyamanan dan ketertiban pada Acara Adat Pasola, kita buat para wisatawan yang telah datang jauh-jauh ke desa kita merasa puas selama menikmati budaya dan tradisi yang menjadi kebanggaan kita bersama ujarnya. (fb)

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Budaya Sumba | Ritual Adat Demi Suksesnya Event Grasstrack & Motor Cross NTT 2019

POLRES SUMBA BARAT ; Jelang event Grasstrack & Motor Cross NTT 2019 yang akan digelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *