Partisipasi Bhabinkamtibmas Polsek Loura pada Program STBM

Partisipasi Bhabinkamtibmas Polsek Loura pada Program STBM

Tribratanewssumbabarat – Polres Sumba Barat ; Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau yang disingkat dengan STBM merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Dimana di Indonesia pembangunan sanitasi sangat dibutuhkan, mengingat masalah sosial budaya dan perilaku masyarakat yang masih terbiasa buang air besar (BAB) di sembarang tempat. STBM sendiri terdiri atas 5 (lima) pilar yang terdiri dari : * Stop buang air besar sembarangan * Cuci tangan pakai sabun * Pengelolaan air minum / makanan rumah tangga * Pengelolaan sampah rumah tangga * Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Menindaklanjuti Program Pemerintah khususnya Dinas Kesehatan, hari ini Jumat (20/10/2017) telah dilaksanakan Sosialisasi tentang STBM, utamanya pembangunan jamban / wc pada seluruh desa yang ada di Kecamatan Loura. Giat yang diselenggarakan di Kantor Camat Loura Kabupaten Sumba Barat Daya ini dihadiri oleh perwakilan Polres Sumba Barat Bhabinkamtibmas Polsek Loura Bripka Ansel M. Tukan, Koramil Loura, Sekcam Laura, Kepala Puskesmas Loura dan LSM serta Kepala Desa.

Pada kesempatan ini Bripka Ansel juga menyisipkan terkait himbauan kepada masyarakat untuk selalu bersinergi dengan Pemerintah dalam menjaga situasi kamtibmas serta mendukung program STBM yaitu pembangunan jamban / wc untuk masyarakat. Selama pelaksanaan pembangunan sanitasi ini, Babhinkamtibmas dan Pemerintah bersama-sama akan melakukan monitoring proses pembangunan jamban / wc pada setiap desa yang ada di Kecamatan Loura. Program ini bertujuan mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan layak, dimana tak dapat ditampik saat ini masih ada rumah yang tidak dilengkapi dengan keberadaan jamban / wc.

Editor   : F Budiono Penulis : I Gede Eka Kumbara Publish : I Putu Pasek