Home / BERANDA / Pengamanan dan Monitoring Gelar Upacara Wula Podu oleh Polsek Loli

Pengamanan dan Monitoring Gelar Upacara Wula Podu oleh Polsek Loli

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Sumba yang dikenal kental akan adat istiadat serta budayanya tengah menggelar upacara adat Wula Podu, dimana ini merupakan upacara kepercayaan bagi masyarakat Kabupaten Sumba Barat utamanya masyarakat Kecamatan Loli atau Suku Loli khususnya. Dilaksanakan setiap satu tahun sekali, Wula Podu yang terdiri atas beberapa tahapan adat / ritual dilakukan dengan tujuan untuk mengenang dan memperingati arwah leluhur maupun kelahiran manusia.

Berikut ini merupakan daftar Kampung Besar yang melaksanakan Upacara Wula Podu, yaitu Kampung Gelakoko Desa Tanarara Kecamatan Loli, Kampung Tambera Desa Doka Kaka Kecamatan Loli, Kampung Golu dan Bondomaroto Desa Kalimbukuni Kecamatan Kota Waikabubak dan Kampung Tarung Kelurahan Sobawawi Kecamatan Loli. Sedangkan untuk Kampung Kecil yang juga turut serta melaksanakan Upacara Wula Podu adalah Kampung Retewana, Kampung Watu Bolo, Kampung Praigege dan Kampung Praikalumbang Desa Dokakaka Kecamatan Loli.

Dan hari ini Rabu (01/11/2017) sekitar pukul 14.00 Wita telah dilakukan pengamanan dan monitoring pelaksanaan Upacara Adat Wula Podu di Kampung Tambera, Desa Doka Kaka, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat oleh jajaran Polsek Loli. Pada kesempatan ini Rato Uma / Rumah Yewa Lede Kodi menjelaskan bahwasanya Upacara Adat Wula Podu yang ada di Kampung Tambera telah memasuki ritual adat Katoto yang artinya Pembaharuan Pohon Pelindung yang disucikan.

Dimana nanti tanggal 5 November 2017 akan datang Rato dari Kampung Bondomaroto, Desa Kalimbukuni, Kecamatan Kota Waikabubak ke Kampung Tambera untuk mengambil “Kawuku” yang berarti ikatan enam adat. Sedang pada tanggal 8 November 2017 merupakan hari pertama dimulainya Wula Kawuku, dan apabila berjalan sesuai dengan rencana maka puncak acara Kalango akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2017 nanti. Dilaksanakan bersama-sama dengan Wula Podu, puncak adat Kalango dilakukan di Kampung Leteki’i, Desa Doka Kaka dan Kampung Gela Koko, Desa Tanarara, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat.

Persiapan jelang puncak acara adat nanti, jajaran Polsek Loli memerintahkan seluruh anggota Bhabinkamtibmas untuk melakukan penggalangan dan pendekatan kepada masyarakat sekitar untuk turut serta menjaga situasi kamtibmas, sehingga giat upacara adat dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

Editor   : F Budiono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Mengawasi Situasi Kamtibmas, Polsek Jajaran Terus Gelar Patroli

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Memaksimalkan giat patroli maupun giat preventif lainnya menjadi salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *