Home / BERANDA / Pengamanan Natal | Indahnya Sumba dengan Keanekaragaman Budaya dan Agamanya

Pengamanan Natal | Indahnya Sumba dengan Keanekaragaman Budaya dan Agamanya

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Malam Natal 2017 oleh Polsek Urban Loura, Danramil 1613 02 Laratama, Brimob Subden 4 Den A Pelopor bersama Ketua MUI dan Ketua Paguyuban Hindu Kabupaten Sumba Barat Daya, hari ini Minggu (24/12/2017) di Mako Lapangan Polsek Urban Loura.

Berlangsung pada pukul16.20 Wita, Apel Gelar Pasukan Pengamanan Malam Natal 2017 sore hari ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin. Turut hadir dan mengikuti Apel Gelar Pasukan yaitu, Kapolsek Urban Loura Kompol Ketut Mastina bersama personil Polsek Urban Loura yang beragama Muslim dan Hindu, Kasat Reskrim Polres Sumba Barat, Ketua MUI, Ketua Paguyuban Bali, Ketua Mudika Katholik, Danramil 1613 02 Laratama Kapten Mulyono bersama Pasukan Koramil, Danki Brimob Subden 4 Den A Pelopor Iptu Joniffer Yolanda bersama Anggota Subden 4 Den A Pelopor sejumlah 1 Peleton, Kadis Pol PP Kabupaten Sumba Barat Daya serta Perkumpulan Pemuda Muslim dan Pemuda Hindu.

Dalam amanatnya, AKBP Muhamad Erwin menyampaikan rasa syukurnya dimana sore hari ini kita semua dapat berkumpul melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam suasana yang yang sangat indah dengan segala perbedaan demi tercapainya satu tujuan yang sama, yaitu terciptanya situasi yang aman dan kondusif selama pelaksanaan ibadah bagi saudara-saudara kita yang tengah merayakan Natal, ujar Kapolres.

Tak hanya itu, Kapolres juga menyampaikan kepada seluruh yang hadir pada Apel Gelar Pasukan bahwasanya pengamanan yang dilakukan meliputi 3 (tiga) jenis pengamanan, yaitu Pengamanan Orang, Pengamanan Barang dan Pengamanan Kegiatan. Pengamanan dititik beratkan pada gereja-gereja dimana dilaksanakannya prosesi Ibadah Natal dan tempat wisata, dikarenakan saat ini juga merupakan long weekend.

Baca Juga : 

Mengenakan Topi Sinterklas, Kapolres Menambah Semarak Natal di Wilkumnya

Selalu berkoordinasi dengan baik antara TNI, Polri dan PAM Swakarasa juga diharapkan oleh Kapolres selama pelaksanaan gelar pengamanan. Dan apabila ditemukan hal-hal yang dapat menjadikan kendala pada gelar pengamanan seperti kemacetan atau pelanggaran lalu lintas, Kapolres memerintahkan untuk cukup melakukan tindakan preventif dan imbauan saja dikarenakan ini hanyalah pelanggaran hukum dan bukan tindak pidana. Satu hal juga ditekankan melalui Apel Gelar Pasukan, yaitu terkait sosialisasi pentingnya keselamatan berlalu lintas guna meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Pengamanan Malam Natal akan dimulai malam ini sekitar pukul 19.00 Wita. Karena malam ini seluruh umat Kristiani akan melaksanakan Ibadah Sambut Natal esok hari. Demi memberikan kenyamanan selama pelaksanaan ibadah, Pasukan Brimob telah melakukan sterilisasi pada setiap gereja sebelum pelaksanaan ibadah dimulai. Besar harapan saya, melalui perbedaan yang ada sebagai wujud saling menghormati antar umat beragama, melalui gelar pengamanan ini bersama kita dapat menciptakan Sumba yang damai, aman, nyaman dan tentram ujar AKBP Muhamad Erwin.

Editor   : F Budiono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Selamat Datang Pangdam IX Udayana di Polres Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Hari ini Selasa tanggal 17 Juli 2018 pukul 13.00 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *