Home / BERANDA / Pilkada | Kapolres dan Waka Polres Sambut Kunker Tim Kompolnas ke Wilkum Polres Sumba Barat

Pilkada | Kapolres dan Waka Polres Sambut Kunker Tim Kompolnas ke Wilkum Polres Sumba Barat

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Bertempat di Aula Polres Sumba Barat, hari ini Rabu (14/03/2018) telah dilaksanakan Pertemuan terkait Kunjungan Kerja dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ke Wilayah Hukum Polres Sumba Barat. Dimulai pukul 10.00 Wita, giat pagi ini membahas tentang maksud dan tujuan dari Kunjungan Kerja Tim Kompolnas yakni, rencana gelar Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Gusti Maychandra Lesmana, S.IK, MH dengan didampingi Ketua Tim Komisi Kepolisian Nasional Andrea H. Poeloengan, SH, M.Hum, MTCP dan Waka Polres Yohanis Nisa Pewali, SS, MH serta dihadiri perwakilan Dandim 1613 Sumba Barat, Ketua dan Perwakilan KPUD (Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya), Ketua Panwaslu (Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya), Perwakilan Kejaksaan Kabupaten Sumba Barat, Kasubden 4 Den A Pelopor Sumba Barat Daya dan para Pejabat Utama Polres Sumba Barat serta para peserta Pertemuan Kunjungan Kerja Tim Kompolnas.

Pada kesempatan pertama, Kapolres Sumba Barat AKBP Gusti Maychandra Lesmana, S.IK, MH menyampaikan bahwasanya Polres Sumba Barat membawahi 3 Kabupaten, yakni Kabupaten Sumba Barat, Sumba Barat Daya dan Sumba Tengah. Dan pada gelar Pilkada Serentak nanti ketiga Kabupaten akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur. Dan 2 Kabupaten yakni Sumba Barat Daya dan Sumba Tengah akan melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Guna tetap menjaga kestabilan situasi kamtibmas pada kedua gelaran tersebut kami selalu meningkatkan Program ZERO 100 Hari Kerja Kapolres Sumba Barat, ujar AKBP Gusti. Terkait HOAX atau berita bohong yang dapat masuk ke ranah kita, baik melalui media sosial maupun media yang lain yang dapat mengganggu kestabilan situasi kamtibmas, kami sudah menyiapkan tim yang bertugas untuk mengcounter dan selalu memonitoring, termasuk isu SARA dan Ujaran Kebencian, pungkasnya. Terakhir, Kapolres memaparkan Data Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Dan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Barat Daya serta Data Kerawanan jelang Pilkada Serentak Tahun 2018.

Sedangkan Ketua Tim Komisi Kepolisian Nasional Andrea H. Poeloengan, SH, M.Hum, MTCP pada kesempatan ini menyampaikan terkait kesiapan dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2018. Dimana perlu diketahui bersama bahwa Tim Komisi Kepolisian Nasional adalah sebuah Lembaga Kepolisian di Indonesia yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia dan mempunyai fungsi untuk membantu presiden dalam menetapkan arah kebijakan Kepolisian Republik Indonesia dan memberikan pertimbangan kepada Presiden.

Ditekankan oleh Ketua Tim Kompolnas bahwa kesuksesan dapat dicapai apabila ada kerja sama yang baik dari semua elemen demi mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2018 yang aman dan tertib serta kondusif. Beliau juga memberikan saran kepada pihak Polri apabila dalam keadaan nyawa terancam agar melakukan tindakan berdasarkan Perkap No. 1 Tahun 2009 dan Perkap No. 08 Tahun 2009 tentang Melakukan Tembakan Apabila Nyawa Petugas Dalam Keadaan Terancam. Dan untuk meminimalisir adanya gangguan kamtibmas jelang Pilkada Serentak Tahun 2018, beliau juga mengharapkan gelar operasi seperti Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) atau yang lainnya terus dilakukan dan ditingkatkan.

Di sesi akhir Ketua KPUD Sumba Tengah, Ketua Panwaslu Sumba Tengah, Ketua KPUD Sumba Barat Daya dan Ketua Panwaslu Sumba Barat Daya serta Ketua KPUD Sumba Barat menyampaikan terkait persiapan dan kesiapan sambut pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 nanti. Menutup giat Kunjungan Kerjanya, Ketua Tim Komisi Kepolisian Nasional Andrea H. Poeloengan, SH, M.Hum , MTCP memberikan sebuah cinderamata kepada Kapolres Sumba Barat dan penyelenggara Pemilukada (KPUD dan Panwaslu) Kabupaten Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Editor : F Budiono
Penulis : I Gede E. P. Kumbara
Publish : K Korpriano Dami

 

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Polsek Loura Mengharapkan Partisipasi Warga Untuk Memberi Dampak Positif Bagi Lingkungan

Tribratanewssumbabarat.com — Polres Sunba Barat ; Polsek Loura melakukan pengecekan beberapa Objek Vital untuk mengatisipasi hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *