Home / BERANDA / Sumba Barat Daya Siap Gelar Pasola, para Rato Adat Susun Jadwal Pelaksanaan

Sumba Barat Daya Siap Gelar Pasola, para Rato Adat Susun Jadwal Pelaksanaan

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Pesta budaya Pasola yang selalu dinanti-nanti oleh masyarakat Sumba serta para wisatawan baik domestik maupun mancanegara juga akan segera digelar di Kabupaten Sumba Barat Daya. Persiapan demi persiapan telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten beserta Tokoh Adat dan Polres Sumba Barat terkait pengamanan selama gelaran Pasola berlangsung nanti.

Persiapan dengan menggelar Rapat Penentuan dan Penetapan Jadwal Pasola juga telah dilakukan pada hari Minggu (10/02/2019) di Kampung Tossi, Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya. Berlangsung sekitar pukul 13.00 Wita, giat yang diperuntukkan khusus untuk membahas rencana pelaksanaan Pasola Kodi dihadiri oleh para Rato Adat Kodi.

Baca Juga : 

Masyarakat & Wisatawan Banjiri Pagelaran Hari Pertama Pesta Adat Pasola Lamboya

Para Rato Adat yang hadir yakni Rato Adat Boku Bani Rangga Mete dan Tari Mone, Rato Adat Tossi Dinga Loghe, Rato Adat Wendimu Dolo Pati, Rato Adat Maliti Bondo Ate Rangga Maghu Kaha dan Rato Adat Wainyapu Pati Pugha. Ikut hadir pada pertemuan ini yakni Bupati terpilih Kabupaten Sumba Barat Daya, Camat Kodi Utara, Sekcam Kodi Bangedo, Kapolsek Kodi, Dandramil 1613 – 03 Kodi, Kepala Desa Wurahomba, Sekdes Maliti Bondo Ate, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan masyarakat Kodi.

Adapun hasil dari Rapat Penentuan dan Penetapan Jadwal Pasola adalah :

  • Untuk Kecamatan Kodi Bangedo, gelar Pasola Homba Kalayo akan dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2019 dan Pasola Maliti Ate pada tanggal 23 Maret 2019.
  • Untuk Kecamatan Kodi Balaghar, gelar Pasola Waiha akan dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2019 dan Pasola Wainyapu pada tanggal 27 Maret 2019.
  • Untuk Kecamatan Kodi, gelar Pasola I Bondo Kawango akan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2019 dan Pasola II Rara Winyo pada tanggal 27 Februari 2019.

Terkait persiapan gelaran Pesta Adat Pasola di Kabupaten Sumba Barat Daya, Kapolres Sumba Barat AKBP Michael Irwan Thamsil, S.I.K. bersama jajaran akan mendukung penuh dengan cara melakukan pengamanan jelang dan selama berlangsungnya Pasola Kodi nanti. Dan demi terwujudnya Pesta Adat yang aman dan tertib, peran serta masyarakat juga sangat dibutuhkan sehingga Pasola Kodi ini dapat berlangsung sukses, pungkasnya.

(Fb36)

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Memeriahkan Hut Lalu Lintas Bhayangkara Ke 64, Polres Sumba Barat Laksanakan Jalan Santai dan Senam Pagi Bersama

Tribratanewssumbabarat.com ; Dalam rangka memeriahkan Hut Lalu Lintas Bhayangkara ke 64, Satuan Lalu Lintas Polres …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *