Home / BERANDA / 10 Rumah Ludes Dilalap Si Jago Merah

10 Rumah Ludes Dilalap Si Jago Merah

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Terbakarnya padang rumput serta didukung kondisi cuaca yang panas, ditambah kencangnya embusan angin, menyebabkan kebakaran rumah-rumah warga di Kampung Haukara, Desa Hanawalu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Peristiwa kebakaran yang terjadi pada tanggal 30 Agustus 2017 sekitar pukul 13.00 ini bermula terbakarnya padang rumput di sekitar lokasi kejadian, dimana embusan angin membawa kobaran api sehingga melalap habis rumah alang yang kemudian menjalar ke rumah-rumah di sebelahnya.

Berdasarkan laporan dan keterangan para saksi serta korban, diketahui saat ini ada 10 rumah yang habis dilalap si jago merah. Rumah-rumah ini terdiri atas 4 rumah seng menara dan 6 rumah alang milik korban Cornelius Kadangi Tua (41), Paulus J Lea (41), Yohanis W Bora (30), Rara Holi (50), Umbu Rada Yagi (45), Nikolas Joa Raga (60), Ester Eini Buu (35), Jola Kaliwo (60), R R Bili (60), Daud Datu Duka (35).

Rumah alang terbakar dan apipun tanpa permisi langsung membumbung tinggi yang kemudian melalap rumah alang dan rumah-rumah disampingnya tanpa ampun. Melihat peristiwa ini, para saksi dan korban berteriak untuk meminta pertolongan kepada warga sekitar. Berduyun-duyun warga datang serta membantu memadamkan api dengan segala keterbatasan peralatan dan air. Diperkirakan kerugian yang dialami korban dampak dari kebakaran ini berkisar angka ratusan juta, beruntung tidak ada korban jiwa dalam tragedi ini.

Pasca kejadian, Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin melalui Kapolsek Wanokaka Iptu Mansur, Kanit Intel Bripka Loja Dangumanu dan Bhabinkamtibmas Brigpol Agustinus D Daero bersama Tokoh Masyarakat Daniel Duu Bani mengajak masyarakat sekitar untuk berbagi dan membantu sebisa dan seikhlasnya para korban kebakaran. Bantuan lebih difokuskan pada bahan makanan dan pakaian, mengingat semua harta benda milik korban ludes tanpa sisa dilalap si jago merah.

Masih di kesempatan yang sama, Kapolsek Wanokaka juga menyelipkan pesan kamtibmas. Ia mengajak masyarakat untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban guna terwujudnya kenyamanan di lingkungan Kampung Haukara, khususnya pasca peristiwa kebakaran. Imbauan untuk tidak melakukan pembakaran padang rumput, tak lupa juga turut serta disampaikan. Karena dikhawatirkan kejadian serupa akan terulang, mengingat cuaca Sumba saat ini begitu panas dan terik. (humasressb.dok)

Editor   : Boediono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek ‎

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Coffee Morning | Ciptakan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif Jelang Pilpres dan Pileg Tahun 2019, Ujar Kapolres Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat  ; Setelah melaksanakan apel pagi, para Perwira Polres Sumba Barat serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *