Home / BERANDA / AKBP Muhamad Erwin | Narasumber Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019

AKBP Muhamad Erwin | Narasumber Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019

Tribratanewssumbabarat – Polres Sumba Barat ; Telah berlangsung Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak, Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019, hari ini Rabu (20/09/2017) di Aula Hotel Sumba Sejahtera Kabupaten Sumba Barat Daya. Dibuka oleh Ketua KPUD Kabupaten Sumba Barat Daya Michael Bulu, SH, turut hadir dalam giat soialisasi pagi ini Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin, perwakilan Kadis Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Sumba Barat Daya, Sekretaris Kesbangpol, Kapolsek Loura, Danramil 1613-02 Laratama dan para Camat serta para Ketua dan Pengurus Partai Politik yang diperkirakan berjumlah sekitar kurang lebih 50 orang.

Dalam sambutannya, Ketua KPUD Kabupaten Sumba Barat Daya menyampaikan terkait tugas daripada KPUD jelang Pemilu Serentak mendatang. Dimana kita harus selalu bersinergi dan bekerja sama dengan stakeholder terkait yang ada di Kabupaten Sumba Barat Daya. Berkaca pada kejadian Pemilukada Tahun 2013 lalu, kali ini kita bersama akan lebih gencar dalam memberikan informasi kepada masyarakat luas akan hakikat dan esensi dari sebuah demokrasi yang sehat guna tercapainya Pemilukada Kabupaten Sumba Barat Daya yang lancar, aman dan tertib.

Bertindak selaku narasumber pada pelaksanaan Sosialisasi Pemilu Serentak kali ini, AKBP Muhamad Erwin berkesempatan menyampaikan perihal Deteksi Dini dan Pengamanan Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019. Kapolres mengharapkan untuk Partai Politik dan Team Pasangan Calon agar mengajukan STTP sebelum melakukan kegiatan / kampanye. Disampaikan juga bahwasanya jumlah TPS di Kabupaten Sumba Barat Daya nanti adalah sebanyak 600 TPS, dengan Pola Pengamanan untuk 1 TPS akan dijaga1 petugas dari Polri dan 2 petugas dari Linmas.

Strategi khusus telah dipersiapkan oleh Polres Sumba Barat dalam pelaksanaan Pengamanan Pemilukada 2018, yaitu pelaksanaan Gelar Giat Kepolisian yang bersifat rutin. Gelar Operasi Cipta Kondisi juga dilakukan, seperti operasi senjata tajam / parang, miras dan premanisme terkait penegakan hukum guna terciptanya situasi yang aman. Dan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumba Barat Daya, beliau meminta agar memberikan data yang akurat kepada KPUD sehingga tidak terjadi permasalahan pada saat hari H. Sedangkan untuk Kesbangpol Linmas, Kapolres mengajak untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban dalam menghadapi Pemilukada 2018 dan Pemilu 2019 di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Bertujuan membangun kesadaran dan pemikiran kritis bagi warga dan para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam Penyelenggaraan Pemilu Serentak, giat ini telah ditetapkan berdasarkan Peraturan yang ada. Yaitu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, serta PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Editor   : F Budiono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Cegah Tindak Kejahatan, Polsek Loura Tingkatkan Patroli

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Polsek Loura Melaksanakan patroli di tempat – tempat rawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *