Home / BERANDA / Bapak Kapolres AKBP MUHAMAD ERWIN Pimpin Langsung Pengamanan Selama Pesta Adat Pasola Bondo Kawango Berlangsung

Bapak Kapolres AKBP MUHAMAD ERWIN Pimpin Langsung Pengamanan Selama Pesta Adat Pasola Bondo Kawango Berlangsung

  tribratanewssumbabarat.com – Kegiatan adat Honya Nale adalah kegiatan melempar sirih untuk memanggil nyale dan mengambil nyale (lapica nale), dimana pada hari Senin tanggal 20 Februari 2017 sekitar pukul 05.00 Wita bertempat di pantai Bondo Kawango, Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya telah dilaksanakan kegiatan adat Honya Nale yang dilakukan oleh Rato Adat Tossi Dinga Loghe dan Rato Adat Bokubani Rangga Mete. Kegiatan adat Honya Nale dilaksanakan secara simbolis di pantai Bondo Kawango yang dilakukan oleh kedua Rato Adat, yang kemudian kedua Rato Adat kembali ke kampung dan menyiapkan dua ekor kuda Nale yaitu kuda Nale Bokubani dan kuda Nale Tossi untuk menuju ke lapangan pasola I Bondo Kawango. Setelah itu masing-masing Rato Adat melakukan ritual adat (penyembahan) agar kuda Nale dapat ditunggangi oleh kedua Rato Adat selanjutnya menuju ke lapangan pasola untuk membuka pasola.

  Dan sekitar pukul 13.00 Wita bertempat di Lapangan Bondo Kawango Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Pesta Adat Pasola pun digelar dan dimulai. Pelaksanaan Pesta Adat Pasola Bondo Kawango dipimpin oleh 2  Rato Adat  dari Rato Tosi DINGA LOGHE dan Rato Boku Bani RANGGA METE  dan diikuti oleh Peserta Pasola dari 4 kecamatan yang ada di Wilayah Kodi. Pesta Adat Pasola ini dihadiri oleh Bapak Kapolres Sumba Barat AKBP MUHAMAD ERWIN bersama  Kabag Ops Polres Sumba Barat, Kasat Binmas Polres Sumba Barat, Kasat Sabhara, Kasat Lantas, Danki Brimob, Camat Kodi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Kepala Desa Waikaninyo, Danramil 1613 Kodi, Kapolsek Kodi Bangedo, Kapolsek Kodi dan Camat Kodi Bangedo serta dihadiri  oleh seluruh  masyarakat  sekitar yang berjumlah kurang lebih sekitar 10.000 orang. Turut serta mengamankan selama Pesta Adat Pasola berlangsung 1 peleton Brimob, 1 peleton Dalmas, 1 unit Reskrim, 1 unit Sat Intelkam, 1 Unit Anggota Buser dan Anggota Sat Pol PP Kabupaten Sumba Barat Daya, dimana pengamanan ini langsung dipimpin oleh Bapak Kapolres Sumba Barat AKBP MUHAMAD ERWIN. Pelaksanaan Pesta Adat Pasola di lapangan Bondo Kawango, Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya pun berakhir pada pukul 16.30 Wita dan berjalan dengan aman, tertib serta lancar. (20022017ressb.doc)

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Cegah Tindak Kejahatan, Polsek Loura Tingkatkan Patroli

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Polsek Loura Melaksanakan patroli di tempat – tempat rawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *