Home / BERANDA / Brigpol Marthen Selamat dari Aksi Brutal DB

Brigpol Marthen Selamat dari Aksi Brutal DB

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Telah terjadi penyerangan dengan menggunakan senjata tajam jenis parang yang menimpa Anggota Polsubsektor Wewewa Utara Brigpol Marthen Kambu Dama Dori pada hari Senin (19/02/2018). Diketahui pelaku penyerangan tersebut adalah laki-laki inisial DB (46) yang berasal dari Desa Puu Poto, Kecamatan Wewewa Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Peristiwa penyerangan bermula masih pada hari yang sama sekitar pukul 11.00 Wita, datang pelapor atas nama Soleman Dona Bili ke Polsubsektor Wewewa Utara terkait melaporkan kejadian tindak pidana pengrusakan rumah miliknya oleh terlapor DB. Menerima laporan tersebut, Brigpol Marthen Kambu Dama Dori bersama rekannya Brigpol Seferianus Rusli Mingga segera bergegas menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), tepatnya di kampung Todu Wee Mondala, Desa Puu Potto, Kecamatan Wewewa Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Kedatangan kedua anggota yang bernaung dalam jajaran Polres Sumba Barat ini bermaksud untuk menjemput terlapor DB yang masih berada di TKP dimana ia telah melakukan pengrusakan. Dengan berjalan kaki dan mendaki bukit, akhirnya kedua anggota tersebut sampai juga di TKP. Melihat DB di lokasi, Brigpol Marthen pun menyapanya dengan mengucap “Selamat Siang”. Tak mengindahkan sapaan petugas, DB malah mengeluarkan parang dan mengayunkannya kearah Brigpol Marthen. Merasa dirinya telah diserang, Brigpol Marthen pun mengambil tindakan mundur guna menghindari tebasan parang DB. Upaya menghindar sang Brigpol ternyata menyebabkan ia terjatuh, dan dalam posisi terlentang tak berdaya ternyata tak menghentikan niat DB untuk terus menyerang. Pelakupun tetap berupaya menyerang korban dengan menusukan parang ke arah Brigpol Marthen hingga mengenai bagian lengan tangan kanan dan perut korban. Dengan kondisi baju robek akibat tebasan parang, korban mengalami luka robek pada jari tengah tangan kanan dan luka lecet pada bagian perut.

Melihat kejadian tersebut, warga sekitar berbondong-bondong datang ke TKP untuk membantu dan menyelamatkan korban yakni Brigpol Marthen dari serangan membabi buta DB. Menyaksikan sendiri aksi brutal DB, wargapun geram dan menyerang pelaku dengan menggunakan parang. Akan tetapi aksi serang terhadap pelaku segera dihentikan oleh Brigpol Seferianus Rusli Mingga dengan cara meminta warga untuk berhenti menyerang pelaku dan tidak main hakim sendiri. Akibat serangan dari warga, pelaku DB mengalami luka-luka dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Waikabubak guna mendapatkan perawatan medis lebih lanjut oleh Brigpol Seferianus. Sedangkan kondisi Brigpol Marthen kini sudah dalam keadaan baik setelah dilakukan perawatan oleh pihak Rumah Sakit.

Akibat kejadian ini pihak kepolisian menghimbau warga masyarakat untuk tetap menjaga situasi kamtibmas serta mempercayakan sepenuhnya proses penanganan kasus ini kepada pihak Polres Sumba Barat. Dari tangan pelaku, pihak kepolisian telah berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) batang parang hulu bambu dengan sarung parang terbuat dari kayu nangka dan 1 (satu) lembar baju kaos Polri warna coklat yang mengalami robekan pada bagian depan milik korban.

Menyikapi kasus yang ada, Kapolres Sumba Barat AKBP Gusti Maycandra Lesmana, S.IK, MH memerintahkan jajarannya untuk mengusut tuntas kasus yang ada dengan tetap menjaga situasi kamtibmas khususnya di lokasi kejadian, mengingat peristiwa ini juga melibatkan banyak orang yang berniat membantu dan menyelamatkan Brigpol Marthen dari aksi brutal DB yang kini masih terbaring di Rumah Sakit. Kepada seluruh anggotanya, pemangku hukum di wilayah Sumba Barat ini menghimbau seluruh jajarannya untuk selalu waspada serta berhati-hati dalam bertugas dan menangani serta meyelesaikan kasus maupun kejadian di lapangan dengan tetap menjaga keselamatan diri.

Editor              : F Budiono
Penulis            : I Gede E. P. Kumbara
Publish            : K Korpriano Dami

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Malam Akrab dan Pisah Sambut Waka Polres Sumba Barat

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Pasca pelaksanaan Upacara Serah Terima Jabatan Waka Polres Sumba Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *