Cegah Kriminalitas, Samapta Polres Sumba Barat Lakukan Patroli Dialogis

Cegah Kriminalitas, Samapta Polres Sumba Barat Lakukan Patroli Dialogis

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan situasi keamanan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas) yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Sumba Barat.
Anggota Samapta Polres Sumba Barat sebagai pengemban fungsi preventif secara rutin melaksanakan kegiatan patroli diseluruh wilayah hukumnya khususnya pada tempat-tempat yang di anggap rawan kamtibmas.

Berkaitan dengan hal tersebut tepat hari Senin 27 Januari 2020 sekitar pukul 16:00 wita, di bawah pimpinan Kanit 1 Dalmas Bripka Yunus Umbu Dassa bersama 5 anggotanya melaksanakan Patroli Diologis di seputaran kota Waikabubak.
Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kasat Samapta AKP Agung A.K. Yuliantara menjelaskan patroli dialogis ini merupakan cara yang paling efektif dan tepat sasaran saat menyampaikan pesan yang di sampaikan oleh kepolisian langsung berdialog kepada masyarakat dengan bertatap muka.

Dalam kegiatan Patroli Diologis tersebut
Personil mendatangi sejumlah masyarakat yang sedang beraktifitas, kemudian menyempatkan untuk berdialog sejenak sembari memberikan pesan-pesan Kamtibmas, Anggota Patroli juga menerangkan bahwa pada saat ini banyak sekali berita berita bohong yang beredar dimedia sosial, berita berita tersebut dapat menimbulkan terjadinya suatu permusuhan diantara anak bangsa yang pada akhirnya dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, dan sebagai pemuda harus mampu untuk berpikir dengan jernih serta tidak mudah terpancing dengan berbagai isu atau berita bohong yang sengaja disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan untuk memecah belah persatuan dan kesatuan serta demi kepentingan kelompoknya.

Giat Patroli Diologis ini guna sebagai bentuk upaya pencegahan dan meminimalisir terjadinya aksi kejahatan atau kriminalitas serta meningkatkan situasi Kamtibmas yang aman bagi masyarakat di wilayah hukum Polres Sumba Barat, Tidak lupa pula para warga diingatkan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan akan berbagai tindak kriminal serta segera menghubungi pihak berwajib jika mengetahui adanya pelanggaran hukum maupun adanya hal yang mencurigakan.

K2d