Himbauan Kamtibmas Menjelang Pilkada 2018 Saat Moment Pasola

Himbauan Kamtibmas Menjelang Pilkada 2018 Saat Moment Pasola

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Ritual Pasola merupakan salah satu ritual adat Pulau Sumba yang dilaksanakan oleh aliran Kepercayaan Marapu untuk mengucap syukur serta meminta hasil panen yang memuaskan. Ritual Pasola dilaksanakan di lapangan terbuka oleh 2 kelompok dengan menggunakan kuda dan saling melempar kayu. Ritual adat tersebut dilaksnakan antara bulan Februari dan maret serta mengundang perhatian banyak wisatawan lokal maupun manca Negara.

Hari ini Kamis tanggal 08 Maret 2018, ritual Pasola dilaksanakan di 2 (dua) tempat yang berbeda yakni di Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, dan Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Kegiatan tersebut mendapat pengamanan ketat dari pihal Kepolisian dalam hal ini Polres Sumba Barat. Pleton Dalmas dikerahkan untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Dalam giat Pasola, para Kapolsek yang wilayah hukumnya melaksanakan ritual Pasola memanfaatkan situasi tersebut untuk mengimbau masyarakat agar tetap menjaga situasi Kamtibmas terutama menjelang Pilkada 2018. Larangan membawa senjata tajam ditempat umum serta menjual dan mengkonsumsi minuman keraspun disampaikan oleh Kapolsek kepada warga. (Humasressb.dok)

Editor              : F Budiono Penulis            : I Gede E. P. Kumbara Publish            : K Korpriano Dami