Home / BERANDA / Melalui Momentum Peringatan Hari Pramuka ke 56, Kabupaten Sumba Barat Revitalisasi Gerakan Pramuka

Melalui Momentum Peringatan Hari Pramuka ke 56, Kabupaten Sumba Barat Revitalisasi Gerakan Pramuka

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Seperti yang telah kita ketahui bersama, Gerakan Pramuka secara resmi diperkenalkan di Indonesia sejak tanggal 14 Agustus 1961, yang kemudian setiap tahunnya diperingati sebagai hari Pramuka. Berkaitan dengan pelaksanaan hajat nasional ini, hari ini 14 Agustus 2017 Kabupaten Sumba Barat juga turut serta melaksanakan ceremonial Peringatan Hari Pramuka yang ke 56 di Lapangan Manda Elu, Kelurahan Komerda, Kecamatan Kota Waikabubak.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 56 adalah Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole, dimana dihadiri oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat, para Forkopimda Kabupaten Sumba Barat, Sekda Kabupaten Sumba Barat, para Pimpinan OPD, para Pembina Pramuka, Pimpinan BUMN/BUMD dan para Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sumba Barat serta peserta upacara.

Dalam amanatnya Bupati Sumba Barat berkesempatan menyampaikan beberapa hal terkait :
1. Dasa Dharma Pramuka kalau dihayati dengan sungguh – sungguh menggambarkan bahwa anak-anak harus terus menyambung dengan Tuhan, menyambung dengan alam, menyambung dengan sesama manusia, dimana ketersambungan itu menjadi tali karya kebaikan. Oleh karena itu, mohon dukungan dan peran serta para pembina, bapak ibu guru, dan kita semua untuk turut andil menjadi bagian terpenting guna menumbuhkan kemandirian anak, agar kelak menjadi anak-anak yang produktif dengan karya yang membanggakan dan baik.
2. Manusia hidup tidak dengan cara mengambil hak-hak orang lain, tetapi orang mendapatkan karena dia berhasil menciptakan sesuatu, lalu dia bisa menjualnya kepada pihak yang lain, lewat karyanya, jasa dan barang. Karena itu anak-anak sejak dini dan sejak awal haruslah menjadi anak-anak yang produktif, yang mulai berpikir keras dan tahu bagaimana dia harus hidup.
‎3. Dari nilai-nilai dasar gerakan pramuka yang harus kita tumbuh kembangkan itu ialah, bahwa anak-anak harus menjadi orang-orang yang sehat, menjadi anak-anak yang cerdas, dan kelak bisa bahagia mandiri dan produktif. Kebahagiaannya itu sekali lagi hanya bisa diraih manakala anak-anak menjadi anak-anak yang mandiri, dimana pramuka selalu mengajarkan kemandirian.

Besar harapan dari Bapak Bupati Sumba Barat kedepan, melalui gerakan pramuka kita maksimalkan momentum Peringatan Hari Pramuka yang ke 56 ini dengan bersama-sama mengevaluasi diri sejauh mana pramuka sudah betul-betul menjadi gerakan yang keberadaan dan manfaatnya benar-benar dirasakan oleh rakyat. Serta sejauh mana kiprah dan sumbangsih yang dirasakan terkait keikutsertaannya dalam mewarnai watak dan kepribadian anak-anak bangsa. Untuk itu, saya mendorong Revitalisasi Gerakan Pramuka, khususnya di wilayah Kabupaten Sumba Barat ujar Bapak Bupati.‎  (humasressb.dok)

Penulis : F Budiono ‎
Editor   : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek ‎

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Tim Kalong Polres Sumba Barat Terus Beraksi

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Tim Kalong yang di bentuk oleh Kapolres Sumba Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *