Peduli Kampung Adat Tarung oleh Direktur Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Ditjenbud, Kemendikbud

Peduli Kampung Adat Tarung oleh Direktur Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Ditjenbud, Kemendikbud

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Tragedi terbakarnya ikon budaya kebanggaan Sumba yaitu Kampung Adat Tarung pada tanggal 7 Oktober 2017 lalu, dimana masih menyisakan duka mendalam bagi seluruh masyarakat Sumba, khususnya warga Kampung Tarung kini akan berganti menjadi senyum kegembiraan. Setelah banyaknya perhatian, kepedulian dan bantuan yang telah diberikan oleh pihak-pihak yang membantu, hari ini Minggu (05/11/2017) sekitar pukul 16.00 Wita telah tiba Rombongan Direktur Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Ditjenbud, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khusus mengunjungi Kampung Adat Tarung yang ada di Kelurahan Sobawawi, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat.

Kunjungan Direktur Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Ditjenbud, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dra. Sri Hartini, M.SI dan Kasubdit Program, Evaluasi dan Dokumentasi Drs. Mula Sinaga, MM di Kampung Adat Tarung didampingi oleh Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailo Tony, SP, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumba Barat Daniel Bili, SH, Kadis Pariwisata, Kadis Kesehatan, Kepala Bappeda, Kabag Umum Kabupaten Sumba Barat, Sek Camat Loli dan Lurah Sobawawi.

Disambut langsung oleh Rato Rumahta dan Rato-Rato lainnya serta warga Kampung Adat Tarung, turut serta menyambut tamu istimewa "Pejuang Masyarakat Tradisi" ini Bhabinkamtibmas Polsek Loli Bripka Arjiko. Adapun maksud dan tujuan kedatangan Direktur Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Ditjenbud, Kemendikbud ke Kampung Adat Tarung adalah untuk melihat secara langsung kondisi Kampung Adat Tarung pasca terjadinya kebakaran pada tanggal 7 Oktober 2017 silam. Dimana direncanakan kedepan akan dibentuk sebuah tim untuk pembuatan Proposal Bantuan Pemulihan Kampung Adat Tarung pasca terjadinya kebakaran.

Dalam kesempatan tatap muka ini Direktur Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Ditjenbud berjanji akan memberikan bantuan untuk pembangunan setiap rumah di Kampung Adat Tarung pada bulan Mei Tahun 2018. Dimana bantuan ini nantinya akan disalurkan secara langsung kepada warga yang tinggal di Kampung Adat Tarung. Masih pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat sangat mengapresiasi bantuan yang akan diberikan oleh Direktur Pembinaan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Ditjenbud, Kemendikbud untuk pemulihan Kampung Adat Tarung seperti sediakala. Serta mengharap seluruh kepada seluruh warga Kampung Adat Tarung untuk mendukung segala bantuan yang akan nantinya akan diberikan. Warga Kampung Adat Tarung menyambut gembira kabar ini, harapan dan impian mereka untuk kembali beraktivitas di rumah tinggal mereka, rumah kebanggaan mereka akan segera terwujud menjadi kenyataan.

Editor   : F Budiono Penulis : I Gede Eka Kumbara Publish : I Putu Pasek