Pengamanan Pesta Adat Woleka oleh Polsek Kodi dan Kodi Bangedo

Pengamanan Pesta Adat Woleka oleh Polsek Kodi dan Kodi Bangedo

Tribratanewssumbabarat – Polres Sumba Barat ; Berkenaan dengan diselenggarakannya pesta adat Woleka di Kampung Monggo, Desa Waiha, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya hari ini Sabtu (14/10/2017), jajaran Polsek Kodi dan Polsek Kodi Bangedo telah melakukan pengamanan selama gelar pesta adat berlangsung. Dipimpin langsung oleh Kapolsek Kodi Ipda Bernadus Billi Kandi dan Kapolsek Kodi Bangedo Iptu I Nyoman Miasa , kedua jajaran Polsek ini turut serta membawa masing-masing 1 (satu) regu anggota untuk melakukan pengamanan pada perayaan pesta adat ini yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wita pagi.

Bertindak selaku penanggung jawab pada pesta adat Woleka yang rutin digelar setiap tahunnya ini adalah Andreas Pati Landi, dimana ia telah dianggap sebagai Iru Dheta atau yang dianggap sebagai Ketua dalam kampung yang menyelenggarakan pesta adat Woleka. Dalam pelaksanaan pesta adat ini, keluarga maupun para undangan yang hadir turut serta membawa hewan berupa kerbau, sapi atau babi untuk diberikan kepada pihak tuan pesta sebagai timbal balik menggantikan hewan yang pernah dibawa oleh penyelenggara pesta kepada para undangan. Begitu pula sebaliknya kelak di pesta serupa, penyelenggara pesta kali ini akan membawakan hewan persembahan untuk keluarga maupun para undangan yang hari ini telah membawakan hewan untuknya.

Acarapun dilanjutkan dengan tarian adat, dimana ini merupakan simbol telah berakhirnya segala rangkaian kegiatan pesta adat Woleka. Gelar pesta adat pun ditutup dengan pemotongan hewan berupa kerbau pada pukul 14.00 Wita, dimana hasil potongan-potongan daging ini akan dibagikan oleh keluarga kepada semua tamu dan undangan yang hadir pada acara ini. Selama gelar acara berlangsung, pengamanan oleh kedua Polsek jajaran Polres Sumba Barat ini berjalan lancar, aman, tertib dan kondusif.

Editor   : F Budiono Penulis : I Gede Eka Kumbara Publish : I Putu Pasek