PERANG BERKUDA/PASOLA TERJADI DI PULAU SUMBA ( GAURA )

PERANG BERKUDA/PASOLA TERJADI DI PULAU SUMBA ( GAURA )

1453122pasola-21780x390 Perang Berkuda/Pasola adalah bagian dari serangkaian upacara adat tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Sumba, Nusa Tenggara Timur,  yang masih menganut kepercayaan asli yang disebut Marapu . Namun perang berkuda tersebut hanya sebatas lingkungan arena yang telah disiapkan.

Upacara adat ini dilakukan setiap tahun pada bulan Februari dan Maret. Pasola diadakan pada 2 (dua) kabupaten yaitu Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. Serangkaian upacara ini dilakukan dalam rangka memohon restu para dewa agar panen tahun itu berhasil dengan baik

Pasola ini tidak hanya sebagai bentuk keramaian masyarakat Sumba , akan tetapi juga merupakan bentuk pengabdiaan dan ketaatan kepada sang leluhur. Pasola juga menjadi perekat jalinan persaudaraan antara dua kelompok dan menggambarkan rasa syukur serta ekspresi kegembiraan masyarakat Sumba , karena hasil panen yang melimpah.

Upacara adat Pasola adalah salah satu adat istiadat yang cukup dikenal diMancanegara, karena upacara adat Pasola hanya dapat disaksikan di Pulau Sumba. Dalam hal ini TNI dan POLRI serta instansi terkait dilibatkan dalam pengamanan Upacara Adat Pasola untuk mengantisipasi terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan didalam arena maupun diluar arena Pasola .