Home / BERANDA / Sumba Tengah Konsisten Jaga Kerukunan Antar Lintas Agama

Sumba Tengah Konsisten Jaga Kerukunan Antar Lintas Agama

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Masih berkaitan dengan akan digelarnya Reuni Akbar 212 di Monas (Monumen Nasional) Jakarta oleh Presidium Alumni 212 Sabtu (02/12/2017) mendatang, hari ini Rabu (29/11/2017) giliran jajaran Polsek Urban Katikutana melaksanakan Penggalangan dan Pulbaket. Dimana Panit II Intelkam Polsek Urban Katikutana Bripka Anang Syah telah mengunjungi beberapa Tokoh Agama di wilayahnya. Kunjungan dilakukan di rumah Ketua MUI Kabupaten Sumba Tengah H. Asikin di Desa Anakalang dan rumah Pengurus Remaja Islam (RISMA) Anakalang Abdul Wahab di Jalan Waibakul, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah.

Pada kesempatan ini para Tokoh Agama Kabupaten Sumba Tengah berkesempatan menyampaikan beberapa hal terkait :

  • Imbauan kepada seluruh umat muslim di Kabupaten Sumba Tengah untuk tidak mengikuti kegiatan Reuni Abar 212. Bukan tanpa alasan, kalau untuk memperingati giat tersebut yang dikemas dalam giat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jakarta, yang mana berita tersebut hanya kita ketahui dari televisi.
  • Kami Berharap Umat Islam Khususnya Di Kab. Sumba Tengah agar Saling Menjaga Toleransi antar Umat Beragama dan untuk bisa memperingati momen tersebut cukup dengan menggelar doa di tempat masing-masing. Kalau berdoa cukup di masjid atau di rumah masing-masing.
  • Harapan agar ajang Reuni Akbar 212 nanti tidak dijadikan sebagai ajang politik, sehingga dapat menciptakan stigma-stigma miring serta membuat gaduh situasi keamanan yang dapat memecahkan Persatuan Bangsa.
  • Pernyataan bahwasanya untuk umat muslim dan Pengurus RISMA di Kabupaten Sumba Tengah tidak akan ada yang berangkat ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan tersebut.
  • Pemuda di Kabupaten Sumba Tengah selalu hidup rukun dengan bersama menciptakan situasi aman dan tidak akan mencampuri kegiatan tersebut.

Tak hanya bersilaturahmi kepada Tokoh Agama Islam, utusan Polsek Urban Katikutana juga mengunjungi Gereja Waibakul yang ada di Desa Anakalang, Kecamatan Katikutana. Bertatap muka langsung dengan Yusuf Halora S. th, Pendeta GKS Waibakul ini juga menyampaikan beberapa hal terkait menjaga kerukunan antar umat beragama, yaitu :

  • Masyarakat Sumba Tengah pada umumnya selalu menjaga menjaga kerukunan antar umat beragama, dan mengenai Reuni Akbar 212 yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2017, kami selalu menghimbau kepada umat Kristiani agar jangan terprovokasi dengan oknum-oknum yang mengatas namakan agama, sehingga ikut terdorong melakukan tindakan yang bisa saja mencederai jalinan kerukunan hidup beragama antar sesama umat berbeda keyakinan yang telah lama tercipta di Kabupaten Sumba Tengah ini.
  • Imbauan untuk tidak memberi tanggapan berlebihan terhadap kejadian di daerah lain seperti di DKI karena akan membuat situasi dan kondisi di daerah ini ikut terhasut, dimana dapat berdampak pada kerukunan umat beragama di Sumba Tengah yang telah kita jaga dan pelihara secara baik.

Editor   : F Budiono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek

 

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Patroli dan Sambang Warga Kerap di Lakukan

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat Sumba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *