Home / BERANDA / Timah Panas Lumpuhkan Aksi Sindikat Pencuri Hewan Ternak 

Timah Panas Lumpuhkan Aksi Sindikat Pencuri Hewan Ternak 

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Setelah Tim Gabungan Polres Sumba Barat Berhasil menangkap 2 pelaku sindikat pemasok daging sapi curian inisial BM dan SM pada Senin dini hari tanggal 7 Agustus 2017. Masih pada hari yang sama, sore sekitar pukul 17.00 Wita bertempat di Kampung Utapambapang, Desa Tanambanas, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah, Tim Gabungan Polres Sumba Barat kembali berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang pelaku pencurian ternak inisial HN (31). Giat penangkapan yang melibatkan personil gabungan dari Sat. Reskrim, Unit Buser dan Sat. Intelkam Polres Sumba Barat ini dipimpin oleh Kanit Pidum Polres Sumba Barat yang didampingi Kanit Buser.

Penangkapan kali ini merupakan pengembangan dari pemeriksaan terhadap pelaku inisial SM, pemasok daging sapi hasil pencurian. Sekitar pukul 20.00 Wita Tim Gabungan kembali berusaha melakukan penangkapan terhadap salah seorang pelaku lainnya berinisial T, dimana sempat melarikan diri ketika dilakukan penangkapan sebelumnya bersama pelaku HN. Ketika dalam perjalanan menuju tempat persembunyian pelaku T, HN berusaha melarikan diri, akan tetapi berhasil dilumpuhkan oleh Tim Gabungan Polres Sumba Barat dengan menggunakan timah panas pada kaki bagian kanan.

‎Diketahui ternak sapi yang mereka curi ini adalah milik korban UHP (56) dari Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur. Dimana ternak sapi tersebut dicuri ketika sedang ditinggalkan oleh gembalanya di sekitar Kali Wailabung, Desa Tanambanas, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah. Berkaitan dengan peristiwa pencurian dan penangkapan ini, Tim Gabungan Polres Sumba Barat mendatangi korban / pemilik ternak sapi di rumah kediamannya guna mengklarifikasi keterangan yang telah disampaikan oleh pelaku HN serta memberikan imbauan terhadap keluarga korban untuk tidak melakukan aksi balas dendam terhadap pihak keluarga pelaku dan mempercayakan seluruh proses hukum kasus ini kepada pihak Kepolisian. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan oleh Tim Gabungan adalah berupa kepala dan kulit sapi hasil curian.

Dengan berhasilnya melakukan penangkapan terhadap sindikat pelaku pencurian hewan dan daging sapi ini, Polres Sumba Barat akan lebih menertibkan keamanan di wilayah hukumnya. Sesuai instruksi dari Bapak Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin untuk menindak tegas para pelaku tindak pencurian serta mengusut tuntas kasus ini, mengingat ini merupakan sindikat dan dikhawatirkan akan muncul pelaku-pelaku lain yang terlibat.( humasressb.dok)

Penulis : F Budiono ‎
Editor : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek ‎

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Malam Akrab dan Pisah Sambut Waka Polres Sumba Barat

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Pasca pelaksanaan Upacara Serah Terima Jabatan Waka Polres Sumba Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *