Umat Muslim Sumba Rayakan Idul Adha 1438 H

Umat Muslim Sumba Rayakan Idul Adha 1438 H

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Setiap tanggal 10 Dzullhijjah kalender hijriah, seluruh umat muslim di dunia selalu merayakan hari raya Idul Adha. Dan kali ini 10 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 1 September 2017, dimana hari ini pula seluruh umat muslim tengah melaksanakan ibadah sholat Idul Adha serta merayakan hari raya kurban 1438 H . Tak terkecuali bagi umat muslim yang ada di pulau Sumba, merekapun dengan penuh suka cita melaksanakan ibadah sholat dan berbagi dengan sesama di hari yang istimewa ini.

Bertempat di dua masjid, yaitu Masjid Agung Baiturrahman Waibakul Desa Anakalang, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah dan Masjid Babusalam Pero Konda Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, hari ini sekitar pukul 07.15 Wita telah dilaksanakan ibadah sholat Idul Adha. Pada Masjid Agung Baiturrahman, dipimpin oleh Imam dan Khotib Drs. H. Pua Manto Umbu Nay, ibadah sholat Idul Adha diikuti oleh 400 orang jamaah. Sedangkan pada Masjid Babusalam Pero Konda, dipimpin oleh Imam Ahmad Abu Bakar, Spd. Mpd, ibadah sholat Idul Adha diikuti oleh 800 orang jamaah.

Seperti yang telah diketahui, jumlah umat muslim di Sumba tergolong minoritas dibanding penganut kepercayaan lainnya. Namun itu tak mengurangi esensi dari kekhidmatan dan suka cita perayaan hari raya Idul Adha kali ini. Karena toleransi umat beragama di sini sangatlah dijunjung tinggi guna terciptanya kerukunan umat beragama.

Syukur alhamdulillah, perayaan hari kurban tahun ini telah berhasil mengumpulkan sejumlah 2 ekor sapi dan 15 ekor kambing untuk Masjid Agung Baiturrahman Waibakul, dan 1 ekor sapi serta 23 ekor kambing untuk Masjid Babusalam Pero Konda. Untuk pemotongan hewan kurban Masjid Baiturrahman Waibakul direncanakan dilaksanakan keesokan hari di halaman Kantor KUA Kabupaten Sumba Tengah. (humasressb.dok)

Editor   : Boediono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek ‎