Home / BERANDA / Waspada Kebakaran | Api Lalap 20 Rumah di Kampung Puukomi

Waspada Kebakaran | Api Lalap 20 Rumah di Kampung Puukomi

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Kembali si jago merah luluh lantakkan puluhan rumah, dan kali ini musibah kebakaran terjadi di Dusun III Kampung Puukomi, Desa Bilacenge, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Tragedi yang terjadi sekitar pukul 13.00 Wita siang ini, Senin tanggal 4 September 2017 menyebabkan 20 unit rumah milik warga ludes tak tersisa. 20 rumah ini terdiri atas 7 buah rumah panggung semi permanen beratap seng, 9 buah rumah panggung beratap alang, 3 buah dapur panggung beratap alang dan 1 buah rumah tembok permanen beratap seng.

Beruntung tak ada korban jiwa, akan tetapi kerugian materiil yang diderita para korban, yaitu Stefanus Maha Dawa (40), Dominggus Deta Lando (65), Paulus Pati Wonda (60), Dominggu Ra Modu (35), Herman Tari Mete (40), Sofia Biri Koni (60), Alosius Ra Rangga (43), Robertus Rehi Kaka (45), Marten Muda Kondo (32), Paulus Pati Kondo (44), Agustinus Koki Dowa (55), Ra Bota (75), David Gheru Dadu (28), Frans Ngedo Rangga (42), Petrus Gau Mata (30), Yosep Yingo Bani (31), Stepanus Ra Modu (32), Markus Muda Rokoraka (45), Matius Muda Kondo (38) dan Paulina Tiala Hemba (51) diperkirakan mencapai angka ratusan juta rupiah. Karena sampai berita ini dilansir belum ada laporan kepastian jumlah angka kerugian dari para korban.

Berdasarkan keterangan para saksi, siang itu api mula-mula hanya membakar atap alang-alang rumah milik salah satu warga. Besarnya kobaran api dan letak rumah yang berdekatan, ditambah dengan atap yang terbuat dari alang-alang, memudahkan api dengan cepat merambat dan membakar rumah warga lain. Ironis pada saat peristiwa kebakaran, tak ada satupun warga yang ada di lokasi kejadian, sehingga tidak ada barang-barang milik para korban yang sempat diselamatkan.

Saat ini Dusun III Kampung Puukomi masih dalam pengawasan Polsek Kodi Utara. Mengingat tragedi diakibatkan kobaran api yang bersumber dari rumah salah satu warga, dikhawatirkan terjadi aksi tidak terima dari pihak korban yang lain. Atas perintah Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin, bersama anggotanya Kapolsek Kodi Utara AKP Simon Missa turun langsung ke TKP untuk melakukan pengamanan dan imbauan kepada warga kampung. Didampingi Camat Kodi Utara Jeremias Tanggu, S. Sos, AKP Simon Missa mengimbau warga untuk bersama menjaga situasi kamtibmas dan bersama-sama bergotong-royong membersihkan sisa-sisa kebakaran. Selanjutnya pihak Kapolsek Kodi Utara akan melakukan koordinasi dengan pihak Kepala Desa, Kecamatan serta Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat Daya terkait pemberian bantuan awal yang akan diberikan kepada para korban serta bantuan dalam proses pembangunan rumah.

Editor   : Boediono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek ‎

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Tim Gabungan Polres Sumba Barat Bersama Unit Buser Polres Sumba Timur Berhasil Amankan Pelaku & 2 Unit Semor Hasil Curian

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Kembali berhasil diamankan pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor. Penangkapan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *