Home / BERANDA / Kiprah Komisaris Polisi Polres Sumba Barat

Kiprah Komisaris Polisi Polres Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; I Ketut Saba demikianlah ia biasa disapa, banyak terobosan dan inovasi yang telah dihasilkan oleh sosok yang merupakan bagian dari keluarga besar Polres Sumba Barat. Menjabat sebagai Kapolsek Urban Katikutana, banyak ide serta gagasan yang telah ia hasilkan dan tertuang dalam bentuk kegiatan serta program yang kreatif dan inovatif. Dengan tanpa ada batasan sasaran, semua kegiatan yang telah ia prakarsai dan aplikasikan cukup mengena, bermanfaat serta membawa dampak positif bagi semua elemen masyarakat tanpa terkecuali, baik itu anak-anak maupun masyarakat dewasa pada umumnya. Tak hanya dalam bidang keamanan dan ketertiban seperti yang tertanam pada mindset masyarakat tentang profesi sebagai seorang Polisi, sosok Kompol satu ini juga menjadikan bidang pendidikan, pertanian dan budaya sebagai pijakan untuk mewujudkan visi dan misi Polri yaitu sebagai ‘Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat’.

Banyak kiprah yang telah dihasilkan oleh sosok Kompol ini. Sebut saja pada bidang pendidikan, dengan mengambil sasaran kegiatan para pelajar yang ada di wilayah Kabupaten Sumba Tengah, ia begitu getol melakukan Roadshow keliling sekolah-sekolah serta memberikan bekal materi yang berkutat tentang kenakalan remaja, tertib berlalu lintas, bahaya mengkonsumsi narkoba dan miras serta pergaulan di kalangan remaja. Tak hanya itu, sebagai wujud kepeduliannya terhadap anak khususnya putra-putri Sumba, ia juga turut mendukung pembentukan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A). Pada bidang pertanian dan budaya, tak kalah getol sang Kompol ini juga memaksimalkan Anggota Bhabinkamtibmas yang ada di wilayahnya. Banyak sudah desa-desa binaan Bhabinkamtibmas Polsek Urban Katikutana yang sukses dengan hasil budi daya pertanian dan perkebunannya. Sukses dengan hasil pertanian dan perkebunan, secara otomatis pendapatan masyarakat wilayah Kabupaten Sumba Tengah ikut meningkat pula. Disinilah sisi lain letak keberhasilan seorang polisi, yang mungkin orang awam masih bertanya2 mengapa seorang polisi membantu masyarakat pada bidang pertanian ? Untuk itulah, melalui program dan kegiatan yang selama ini telah dihasilkan oleh seorang Kompol I Ketut Saba, ia bermaksud membuka wawasan dan memberikan wacana kepada khalayak ramai akan visi dan misi sesungguhnya dari Polri. Langkah para kru Polsek Urban Katikutana ini telah diakui masyarakat sekitar, terbukti saat ini masyarakat mulai mengikuti jejak sang Kompol beserta Anggota Bhabinkamtibmasnya dalam memajukan lahan pertanian dan perkebunan mereka dengan menyulap lahan gersang nan tandus menjadi hamparan permadani hijau.

Sedang untuk bidang keamanan dan ketertiban, guna menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah yang mutlak menjadi tanggungjawabnya, bersama para anggotanya ia gencar melakukan Patroli Malam dan Penertiban. Banyak kasus yang telah diselesaikan, seperti penggagalan pencurian hewan ternak, penyitaan minuman keras, penangkapan pelaku curas dan lain sebagainya. Bahkan pada event Festival Sandalwood Parade 1001 Kuda, dimana dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo beliau memimpin langsung pengamanan yang dilakukan oleh Polsek Urban Katikutana selaku perwakilan Polres Sumba Barat. Langkah-langkah dan terobosan Kapolsek Urban Katikutana ini dapat kita lihat dan baca pada akun resmi milik Polres Sumba Barat yaitu, tribratanewssumbabarat.com, Facebook, Instagram, Twitter, Path dan Google Plus, dimana kesemua media sosial ini merupakan wadah yang telah disiapkan oleh Polri khususnya Humas Polres Sumba Barat untuk lebih dekat dengan masyarakat. Dengan terpampangnya seluruh kegiatan dari Polsek Urban Katikutana di media sosial milik Polres Sumba Barat, ia berharap masyarakat dapat mengambil sisi positif guna bersama-sama membangun serta menjadikan Sumba lebih maju dan kondusif.

Semua yang telah ia lakukan tak kurang tak lebih adalah wujud loyalitasnya sebagai abdi negara yang berkewajiban melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat Sumba khususnya Kabupaten Sumba Tengah. Ia juga berujar, semua ini tidak akan terwujud dan terealisasi tanpa dukungan dan bimbingan dari sosok Bapak yang tak lain adalah Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin. Besar harapan kita semua untuk menjadikan Sumba makin berjaya dan menjadi wilayah yang aman, tentram serta damai. (humasressb.dok)

Penulis : F Budiono
Editor : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek ‎

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Malam Akrab dan Pisah Sambut Waka Polres Sumba Barat

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Pasca pelaksanaan Upacara Serah Terima Jabatan Waka Polres Sumba Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *