Tatap Muka di Polres Sumba Barat, Begini Arahan Wakapolda NTT

Tatap Muka di Polres Sumba Barat, Begini Arahan Wakapolda NTT
Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri memberikan arahan saat melakukan tatap muka bersama personel Polres Sumba Barat. Kamis (3/11), pagi. (Dok: Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri Sulistianto didampingi Kapolres Sumba Barat AKBP. Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., bersama Tim Pokja Polda NTT menggelar kegiatan tatap muka di Mapolres Sumba Barat. Kamis (3/11/2022), pagi.

 

Lebih rinci, Kasubsi PIDM Polres Sumba Barat Aipda Beni Kuswanto mengatakan, kegiatan tersebut tepatnya digelar di Aula Mapolres Sumba Barat dan dihadiri oleh Wakapolres Sumba Barat, seluruh PJU serta personel Polres Sumba Barat.

 

“Dalam kegiatan itu, bapak Kapolres Sumba Barat melaporkan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Sumba Barat dan dilanjutkan dengan arahan oleh bapak Wakapolda,” ucap Aipda Beni.

 

 

Aipda Beni menjelaskan, dalam arahannya Wakapolda NTT menyampaikan visi misi Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum., yakni pengabdian Polri yang mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat NTT.

 

“Wakapolda juga menjelaskan program prioritas Kapolda NTT yaitu penataan internal untuk membangun kultur Pori dan penataan bidang tugas pokok fungsi Polri,” ujar Aipda Beni.

 

Lebih lanjut, Wakapolda NTT juga menjelaskan beberapa tugas Polri yang mesti dikedepankan. Salah satunya peran Bhabinkamtibmas untuk menggalang kemitraan dengan masyarakat.

 

“Bhabinkamtibmas harus mampu menggalang kemitraan yang dilandasi norma-norma sosial dan budaya lokal dalam memelihara Kamtibmas serta kegiatan problem solving,” kata Brigjen Pol. Drs Heri.

 

Kemudian untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan raya, perlu diterapkan langkah-langkah preventif dengan meningkatkan kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli serta kegiatan strong point pada daerah rawan kecelakaan lalu lintas, macet dan pelanggaran lalu lintas.

 

“Dengan begitu diharapkan angka kecelakaan lalu lintas diwilayah NTT dapat berkurang,” harapnya.

 

 

Tak sampai disitu, Wakapolda NTT juga mengatakan, menjadi anggota Polri harus mampu menjalankan fungsi deteksi dini dalam penyelidikan, pengamanan dan penggalangan agar terpelihara stabilitas keamanan yang kondusif.

 

“Untuk penyelesaian masalah yang terjadi dilingkungan masyarakat dengan lebih mengedepankan asas kekeluargaan, adat, damai atau restorative justice,” imbuhnya.

 

Mengakhiri arahan, Wakapolda NTT Brigjen Pol. Drs. Heri memberikan beberapa penekanan kepada seluruh personel Polres Sumba Barat yang hadir pada kegiatan tatap muka tersebut.

 

“Implementasikan program presisi, prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan. Sebaik mungkin mengaplikasikan ilmu dari lemdik dan pengalaman tugas, laksanakan tugas dengan ikhlas tanpa mengeluh dengan tuntas sebagai ladang ibadah. Harkamtibmas dengan cara bekerjasama dengan stakeholder serta yang terpenting ialah profesionalisme dalam bertugas guna menjaga nama baik institusi Polri,” tandasnya.

 

Kegiatan tatap muka yang berlangsung tidak lama itu diakhiri dengan foto bersama Wakapolda NTT, Tim Pokja Polda NTT, Kapolres Sumba Barat, Wakapolres Sumba Barat, seluruh PJU Polres Sumba Barat dan personel Polres Sumba Barat.

 

 

 

Penulis; Kumbara.

Penulis; Mondy.

Penulis; Jamet.

Penanggungjawab; Been7.