Home / BERANDA / Semangat dan Dedikasi Inspektur Polisi Satu yang Tak Muda Lagi

Semangat dan Dedikasi Inspektur Polisi Satu yang Tak Muda Lagi

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Polsek Umbu Ratu Nggay, merupakan bagian dari wilayah hukum Polres Sumba Barat yang terletak di Kabupaten Sumba Tengah. Dibawah kepemimpinan Iptu Selef E Katu, Polsek yang secara geografis terletak pada perbatasan antara Kabupaten Sumba Timur dan Sumba Barat ini memiliki tanggung jawab besar, khususnya terhadap hal-hal yang berkaitan dengan hukum. Seperti yang telah kita ketahui, perbatasan sangat rentan dengan penyelundupan, baik itu berupa minuman keras, narkoba, traficking maupun barang hasil kejahatan.

Menjaga dari segala kemungkinan terjadinya tindak kriminal di wilayah perbatasan ini, dibutuhkan sosok pemimpin yang tegas, berani, cekatan dan terampil. Sosok Inspektur Polisi Satu inilah yang telah berhasil menjadikan Kecamatan Umbu Ratu Nggay menjadi wilayah yang cukup aman walau terletak di perbatasan antara dua Kabupaten. Banyak terobosan dan kiprah yang telah dihasilkan dari tangan pemimpin yang terhitung tak muda lagi ini melalui kegiatan-kegiatan yang dititik beratkan pada bidang hukum. Melalui giat Patroli Malam yang gencar dilakukan bersama jajaran personil anggotanya, banyak penyakit masyarakat yang telah dimusnahkan. Dimana dalam dua tahun terakhir ini, melalui giat operasi dan patroli, puluhan bahkan ratusan liter minuman keras telah berhasil disita dan dihancurkan, baik itu minuman keras yang diperjual belikan maupun hasil penyelundupan.

Tak dapat ditampik, Kabupaten Sumba Tengah memang rentan dengan distribusi minuman keras, untuk itu bersama jajaran anggotanya Iptu Selef E Katu tak main-main dalam menindak para pelaku yang berperan dalam pendistribusian. Masyarakat sangat kagum dan respect akan semangat dan kinerja dari sosok Kapolsek Umbu Ratu Nggay ini. Walau tak muda lagi, namun semangat beliau tak kalah dengan para generasi Polri yang muda-muda. Dibawah kepemimpinannya, situasi Kamtibmas pada wilayah Umbu Ratu Nggay dapat dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat.

Mengedepankan bidang hukum, tak berarti beliau tak menyentuh sama sekali dunia pendidikan dan lingkungan serta pertanian. Melalui kepanjangan tangannya yaitu Bhabinkamtibmas, ia turut serta mendukung dunia pendidikan di wilayahnya. Bahkan beliau juga terlibat langsung pada giat “Ciptakan Lingkungan Bersih” di sepanjang Hutan Tanah Daru Matalawa bersama siswa SMK Negeri 1 Umbu Rau Nggay. Terkait bidang pertanian dan peternakan, beliau juga melaksanakan Operasi Penertiban Pemilikan dan Pemeliharaan Ternak (OP3T).

Berpedoman terhadap visi dan misi Polri, dimana Polisi merupakan Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat, ia tak pernah berhenti melakukan inovasi serta mencetak kegiatan yang dapat mendukung dan menjadikan wilayah Umbu Ratu Nggay aman dan kondusif. Semua program dan kegiatan yang telah ia hasilkan tak mungkin dapat terwujud tanpa adanya kerja sama dari seluruh anggota yang ada pada jajaran Polsek Umbu Ratu Nggay serta dukungan dan bimbingan dari Bapak Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin. Bapak Kapolres selalu memberikan dukungan penuh untuk terobosan dan inovasi dari Kapolsek Umbu Ratu Nggay ini. Bahkan beliau cukup salut dan bangga akan dedikasi dan kinerja dihasilkan oleh anggotanya yang boleh dibilang sudah tak muda lagi, namun semangat dan terobosan serta inovasinya tak kalah dari yang muda-muda ujar beliau. Untuk itu Bapak Kapolres berharap, para generasi muda yang ada di lingkungan Polres Sumba Barat hendaknya mencontoh dan mengambil sisi positif dari seorang Iptu Selef E Katu yang selalu mengedepankan loyalitas kepada Polri dan melayani masyarakat.‎ (humasressb.dok)

Penulis : F Budiono ‎
Editor   : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek ‎

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Patroli dan Sambang Warga Kerap di Lakukan

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat Sumba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *