Polres Sumba Barat Peringati Maulid Nabi, Teladani Akhlak Rasulullah SAW Guna Wujudkan Pilkada Aman dan Sukses

Polres Sumba Barat Peringati Maulid Nabi, Teladani Akhlak Rasulullah SAW Guna Wujudkan Pilkada Aman dan Sukses
Polres Sumba Barat gelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung Al-Azhar Waikabubak, Kamis (19/9). (Dok: Humas Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Waikabubak – Polres Sumba Barat menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/2024 M di Masjid Agung Al-Azhar Waikabubak, Kamis (19/9), pagi. dengan mengusung tema "Dengan Meneladani Akhlak Rasulullah SAW, Kita Tingkatkan Keimanan dan Kinerja Guna Mewujudkan Pemilukada Aman dan Sukses." Acara ini dihadiri langsung oleh Kapolres Sumba Barat, AKBP Hendra Dorizen, S.H., S.I.K., M.H., bersama seluruh personel muslim Polres Sumba Barat.

 

Dalam rangkaian acara, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumba Barat, Haji Ahmad Rubaya, S.Ag., diundang sebagai penceramah. Dalam ceramahnya, Ketua MUI menekankan pentingnya meneladani akhlak mulia Rasulullah SAW, terutama dalam menghadapi tahun politik yang penuh tantangan. “Keteladanan Nabi Muhammad dalam bersikap adil, jujur, dan menjaga persatuan harus menjadi contoh bagi kita, terutama menjelang Pemilukada. Dengan meneladani akhlak beliau, kita dapat menjaga harmoni di tengah masyarakat yang beragam,” ujar Ketua MUI.

Ketua MUI Sumba Barat, Haji Ahmad Rubaya, S.Ag., sebagai penceramah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang di gelar Polres Sumba Barat. (Dok: Humas Res SB).

 

Kapolres Sumba Barat, dalam sambutannya menegaskan bahwa peringatan Maulid Nabi ini tidak hanya menjadi momen refleksi spiritual, tetapi juga ajang untuk memperkuat komitmen bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilukada. "Tema yang diangkat sangat relevan dengan situasi saat ini. Diharapkan nilai-nilai yang diajarkan Nabi Muhammad dapat diimplementasikan oleh seluruh anggota kepolisian dalam menjalankan tugas demi suksesnya Pemilukada yang aman dan lancar," ujar Kapolres.

 

Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang membuat suasana menjadi khidmat. Seluruh hadirin tampak khusyuk mengikuti rangkaian acara, yang tak hanya bertujuan memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi juga memperkuat ikatan silaturahmi antara sesama.

 

Kapolres juga mengingatkan pentingnya menjaga netralitas dan profesionalisme, terutama bagi personel Polres Sumba Barat, di tengah dinamika politik saat ini. “Dengan meneladani Rasulullah, kita semua diharapkan bisa meningkatkan kinerja dan tetap menjaga integritas, sehingga proses Pemilukada bisa berjalan dengan sukses tanpa konflik,” tambahnya.

 

Peringatan Maulid Nabi ini ditutup dengan doa bersama untuk kelancaran dan kedamaian dalam pelaksanaan Pemilukada mendatang. Kegiatan diakhiri dengan ramah tamah jajaran Polres Sumba Barat, dengan harapan agar silaturahmi ini terus terjalin kuat demi terciptanya suasana kondusif di Sumba Barat.

 

Humas Polres Sumba Barat*