Bhabinkamtibmas Imbau Warga Jaga Kerukunan, Ciptakan Lingkungan Sehat

Bhabinkamtibmas Imbau Warga Jaga Kerukunan, Ciptakan Lingkungan Sehat
Aipda Sam bersama Bripka Hasan menyambangi warga Kecamatan Kota Waikabubak. Jumat (10/2/2023). (Dok: Pers Binmas Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polri yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat. Kehadiran Bhabinkamtibmas dimaksudkan untuk menciptakan situasi yang kondusif di wilayah binannya masing-masing.

 

Seperti yang dilakukan oleh Kanit Bin Polmas Sat Binmas Polres Sumba Barat Aipda Samsudin Djuma ini, ditemani Bripka Hasan, Ia menyambangi warga Kecamatan Kota Waikabubak, Bapak Fira pada Jumat (10/2/2023).

 

Pada kesempatan tersebut, Bhabin yang akrab dengan sapaan Sam tersebut mengajak warga untuk saling peduli satu sama lain. Menurut Sam, hal tersebut sangatlah penting guna menciptakan lingkungan masyarakat yang sehat.

 

“Yang paling utama adalah menjaga kerukunan dengan hati yang ikhlas, baik itu dengan keluarga, teman, tetangga bahkan orang yang baru kita kenal. Tujuannya agar situasi di lingkungan tempat tinggal kita selalu kondusif,” jelas Sam.

 

Sementara itu, Bapak Fira mengungkapkan keresahannya terkait anak-anak muda yang sering nongkrong hingga larut malam sambil mengkonsumsi minuman keras (Miras).

 

“Saking ributnya mereka kadang saya tidak bisa tidur, kalau di bawah jam 12 saya maklumi tapi biasanya sampai jam 3 pagi,” ungkapnya.

 

 

Menjawab hal tersebut, Sam menuturkan pihaknya (Bhabinkamtibmas) akan berupaya secara maksimal dalam mengatasi persoalan tersebut.

 

“Kami akan berupaya lebih keras lagi, salah satunya dengan memasifkan sambang terhadap anak-anak muda yang ada disini. Kemudian kami juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar persoalan tersebut segera teratasi,” jelasnya.

 

Selain itu, kata Sam, apabila mendapati persoalan segera hubungi petugas. Jangan menunggu lama agar persoalan tidak meluas.

 

“Bisa juga dengan menghubungi layanan bebas pulsa Call Center 110 Polres Sumba Barat. Jangan berikan ruang gerak bagi pembuat masalah, mari kita ciptakan lingkungan yang sehat,” pungkas Aipda Sam.

 

Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., ditempat terpisah mengatakan, kegiatan sambang rutin dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas di wilayah binaannya setiap hari sebagai upaya mendekatkan diri dengan masyarakat.

 

“Dengan terjalinnya kemitraan yang baik antara Polri dan masyarakat diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif,” tandas Kapolres Sumba Barat.

 

 

Penulis : Jamet.
Penulis : Mondy.
Editor  : Kumbara.
Editor  : Kris J.
Penanggung Jawab : Ben7.