Budaya Sumba | Ritual Adat Demi Suksesnya Event Grasstrack & Motor Cross NTT 2019

POLRES SUMBA BARAT ; Jelang event Grasstrack & Motor Cross NTT 2019 yang akan digelar di Arena Sirkuit Bondo Sula pada tanggal 26 sampai dengan 29 Juni 2019 nanti, telah banyak persiapan yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam hal ini Polres Sumba Barat selaku penyelenggara.

Dari monitoring serta persiapan lokasi track yang akan digunakan pada saat berlaga sampai dengan kenyamanan dan keamanan para pengunjung yang dipastikan akan memadati arena sirkuit yang terletak Desa Bodo Hulla, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat ini juga telah dilakukan oleh tuan rumah, yakni jajaran Polsek Lamboya.

Hal ini dilakukan demi suksesnya penyelenggaraan Grasstrack & Motor Cross NTT 2019 dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara yang ke 73. Dan guna lebih memantapkan gelaran motor cross ini, dikenal dengan adat istiadat dan budayanya yang masih sangat kental, pagi ini Kamis (20/06/2019) juga telah dilakukan ritual adat di lokasi sirkuit.

Sekitar pukul 04.00 Wita, KBO Narkoba Polres Sumba Barat AIPTU Saihul Pirinadi dan Bhabinkamtibmas Polsek Lamboya Brigpol Karmun Santoso bersama dengan Rato Adat serta Aparat Desa telah melaksanakan ritual adat di arena sirkuit Bondo Sula.

Bertujuan untuk memohon ijin kepada para leluhur Marapu agar pelaksanaan Grasstrack & Motor Cross NTT 2019 berlangsung dengan aman dan lancar, Rato Adat memulai prosesi ritualnya dengan khusyu’ serta khidmat. Menjadi bagian dari budaya, ritual adat di Bumi Sumba senantiasa dilakukan oleh masyarakat demi suksesnya setiap gelaran yang akan dilaksanakan.

Berakhir sekitar pukul 06.00 Wita, Rato Adat dan Aparat Desa berterima kasih atas kehadiran pihak kepolisian selama proses ritual adat demi suksesnya gelaran Grasstrack & Motor Cross NTT 2019 dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 73.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password