Home / BERANDA / Jalin Kerjasama guna Suksesnya Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Jalin Kerjasama guna Suksesnya Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Berurutan usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2017, bertempat di Aula Polres Sumba Barat Kamis (21/12/2017) sekitar pukul 10.00 Wita telah dilaksanakan pula Rapat Koordinasi Operasi Lilin Turangga 2017. Mengusung tema “Dalam Rangka Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 Kita Sinergikan untuk Meningkatkan Pelayanan yang Promoter Kepada Masyarakat di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat”, gelar Rapat Koordinasi ini dibuka langsung oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin.

Turut hadir dalam gelar Rapat Koordinasi Operasi Lilin Turangga 2017 yaitu Kasdim 1613 Sumba Barat Mayor Inf. Kasim A. AG, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak, Panitera Pengadilan Agama Waikabubak, Asisten ll Kabupaten Sumba Barat Daya, Kaban Kesbangpol Kabupaten Sumba Barat, Ketua FKUB Kabupaten Sumba Barat, Ketua MUI Kabupaten Sumba Barat, Pendeta GBI Rock Waikabubak, para PJU Polres SB dan Kapolsek Jajaran Polres Sumba Barat serta perwakilan Staf dari seluruh Instansi Terkait.

Pada gelar Rapat Koordinasi, selaku tuan rumah Kapolres AKBP Muhamad Erwin berkesempatan membacakan sambutan dan menyampaikan paparannya terkait beberapa hal, yaitu :

  • Polres Sumba Barat beserta jajaran dengan didukung instansi terkait serta mitra kamtibmas lainnya siap melaksanakan pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.
  • Menyelenggarakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin Turangga 2017.
  • Cipta Kondisi dalam rangka pencapaian situasi yang kondusif, aman dan nyaman bagi masyarakat.
  • Cara bertindak Operasi Lilin Turangga 2017 terbagi atas Pre Emtif, Preventif dan Gakkum.
  • Polres Sumba Barat melaksanakan pengamanan Malam Tahun Baru 2018 pada titik berkumpulnya masyarakat, yaitu di Lapangan Manda Elu.
  • Pos Pengamanan terbagi atas 6 Pos, yang tersebar pada 3 Kabupaten. Di Kabupaten Sumba Barat terdapat 2 pos, yaitu di Pasar Inpres Lama Waikabubak dan di Depan Polres Sumba Barat, untuk Kabupaten Sumba Tengah, pos diletakkan pada Jalan Waibakul Pertigaan Pasar Inpres Lama Katikutana, sedangkan untuk Kabupaten Sumba Barat Daya terdapat 3 pos yang terletak pada Pertigaan Jalan Waikelo Pom Bensin Radamata, Bandara Udara Tambolaka dan Pelabuhan Laut Waikelo.
  • Pengamanan akan kita tempatkan pada gereja-gereja dan tempat-tempat wisata serta fasilitas umum lainnya.
  • Kesepakatan bersama terkait larangan adanya penjual atau penggunaan petasan dalam Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.
  • Rutin pelaksanaan sweeping keberadaan minuman keras, karena saat ini banyak terjadi bentrok dan tindak pidana yang disebabkan mengkonsumsi minuman keras.

Masih pada gelar Rapat Koordinasi Operasi Lilin Turangga 2017, Ketua FKUB Kabupaten Sumba Barat juga turut serta menyampaikan aspirasinya terkait FKUP berkoordinasi dengan lintas agama untuk ikut serta berpartisipasi dalam Pengamanan Natal serta ucapan terimakasih kepada Polres Sumba Barat dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan keamanan pada Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Berakhir pada pukul 11.10 Wita, gelar Rapat Koordinasi Operasi Lilin Turangga 2017 ini bertujuan untuk menjalin hubungan kerjasama dengan unsur terkait terkait pemberian jaminan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif jelang Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Khususnya selama gelar pelaksanaan Operasi Lilin Turangga 2017 berlangsung, yaitu mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 01 Januari 2018, ujar AKBP Muhamad Erwin.

Editor   : F Budiono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Cegah Tindak Kejahatan, Polsek Loura Tingkatkan Patroli

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Polsek Loura Melaksanakan patroli di tempat – tempat rawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *