Kapolres Pntau Langsung Kegiatan Gaktibplin yang Dilaksanakan Sipropam dan Baglog Polres Sumba Barat

Kapolres Pntau Langsung Kegiatan Gaktibplin yang Dilaksanakan Sipropam dan Baglog Polres Sumba Barat
Foto : Kapolres Sumba Barat saat memantau lansung kegiatan gaktibplin pemegang senpi organik Polres Sumba Barat. Dok. Humas Polres SB. Selasa 1/8/23.

Tribratanewssumbabarat.com " Dalamrangka pengawasan dan penertiban terhadap pemegang senpi inventaris personel Polres Sumba Barat serta Polsek Jajaran, Seksipropam bersama Bag Log Polres Sumba Barat melaksanakan kegiatan gaktibplin yang digelar senin 31 Juli dan selasa  01 agustus 2023.

 

Kegiatan tersebut digelar di lapangan apel pasola Polres Sumba Barat, dengan sasaran masa berlaku kartu ijin pemegang senpi organik polri serta kebersihan dan kondisi fisik senpi organik polri yang dipegang oleh personel polres sumba barat maupun inventaris Polsek jajaran Polres Sumba Barat.

 

Kapolres Sumba Barat AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K., memantau langsung kegiatan gaktiblin tersebut, ia menegaskan agar betul-betul dilakukan pengecekan secara serius. Kesesuaian kartu ijin pemegang senpi, kondisi fisik dari senpi tersebut serta jenis senpi yang dipinjam pakaikan harus sesuai dengan ketentuan yang ada. Ujarnya.

 

 

Jika ditemukan adanya keteledoran dari masing-masin pemegang senpi maupun Polsek jajaran polres sumba barat yang senpi inventarisnya tidak terawat baik, maka berikan teguran dan bila diperlukan cabut senpinya dan propam lakukan evaluasi. Pungkas AKBP Benny.

 

Kasi Propam Polres Sumba Barat IPDA Agung Eka Saputra juga menegaskan kegiatan gaktibplin ini dilakukan guna memberikan pengawasan terhadap penggunaan senpi organik polri baik yang dipegang perorangan maupun inventaris Polsek jajaran. Bagi pemegang senpi organik perorangan harus dilengkapi dengan kartu lulus ujian psikotes serta kartu ijin pemegang senpi organik.

 

 

Selain dua syarat diatas, tentunya hal-hal lain juga menjadi pertimbangan pimpinan dalam memberikan ijin pinjam pakai senpi organik yang ada, diantaranya calon pemegang senpi organik tidak sedang menjalani proses permasalahan disiplin maupun kode etik provesi polri serta tidak memiliki riwayat masalah indisipliner lainnya serta bersikap baik. ujar Ipda Agung.

 

Pelaksanaan gaktibplin ini dilaksanakan rutin di Polres Sumba Barat, hal ini sebagai upaya meminimalisir terjadinya penyalah gunaan senpi organik oleh personel Polres Sumba Barat.

 

 

 


Humas Polres Sumba Barat*