Silaturahmi ke Ketua MUI Mamboro, Kapolres Sumba Barat Ajak Tokoh Agama Cegah Penyebaran Coronavirus Disease 2019

Silaturahmi ke Ketua MUI Mamboro, Kapolres Sumba Barat Ajak Tokoh Agama Cegah Penyebaran Coronavirus Disease 2019

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ;  Hari di mana seharusnya umat muslim melakukan ibadah Salat Jumat berjamaah dimanfaatkan oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si. dengan melaksanakan giat silaturahmi bersama para Tokoh Agama Muslim yang ada di Kecamatan Mamboro, Jumat (10/04/2020).

 

Sebelum bersilaturahmi, pagi itu Kapolres dengan didampingi Kasat Intelkam, Kasat Sabhara, Kasi Propam serta Anggota Gabungan Polres Sumba Barat tiba di Mapolsek Mamboro dan disambut langsung oleh Kapolsek Mamboro IPTU I Ketut Alit Y. Gandhi bersama anggota. 

 

Melanjutkan giat, sekitar pukul 11.15 Wita, Kapolsek Mamboro selaku penanggung jawab di wilayah hukumnya mendampingi rombongan Kapolres Sumba Barat untuk bersilaturahmi ke kediaman Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kecamatan Mamboro, H. Pua Djombu.

 

Disambut baik oleh Ketua MUI Kecamatan Mamboro, kedatangan Kapolres Sumba Barat dan rombongan hari ini bermaksud untuk mengajak para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang ada di Kecamatan Mamboro guna bersama-sama melakukan upaya pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid 19 di wilayah Kabupaten Sumba Tengah. 

 

Menyampaikan data terkait situasi pandemi Coronavirus Disease 2019 yang ada di wilayah hukum Polres Sumba Barat, tepatnya di Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah, AKBP Khairul bersyukur di wilayah kita belum ada data yang menyatakan adanya masyarakat yang positif Corona. 

 

Disampaikan olehnya 'memang ada data konkret terkait ODP (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan PPDP (Pelaku Perjalanan Dalam Pemantauan) di Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah, dan bahkan ada beberapa PDP yang sudah sembuh atau pulang', ujarnya. 'Untuk itu besar harapan kita semua, angka tersebut semakin berkurang dan sampai pandemi virus ini berakhir tidak ada dari masyarakat kita yang terkena paparannya', tambahnya. 

 

Dihadiri oleh para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat, Kapolres juga mengimbau para tokoh yang merupakan panutan atau orang kepercayaan masyarakat untuk bersama-sama mengajak masyarakat guna menerapkan sistem sosial distancing, terlebih physical distancing. 

 

'Karena dengan di rumah saja atau menjaga jarak satu sama lain dan tidak melakukan kegiatan yang berkerumun atau dihadiri banyak orang, niscaya akan membantu mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid 19, kata Kapolres.

 

'Seperti pelaksanaan ibadah Salat Berjamaah atau Salat Jumat di masjid sebaiknya untuk saat ini kita lakukan di rumah masing-masing', tambahnya. 'Boleh apabila kita hanya mengumandangkan adzan sebagai pengingat tiba saatnya untuk melaksanakan ibadah salat kepada masyarakat', pungkasnya.

 

Menyambut baik setiap arahan dan imbauan yang disampaikan oleh Kapolres Sumba Barat, Ketua MUI Kecamatan Mamboro beserta para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat akan mematuhi anjuran Pemerintah dan Maklumat Kapolri demi memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid 19. (f)