Home / BERANDA / Surga Tersembunyi Timur Indonesia, SUMBA

Surga Tersembunyi Timur Indonesia, SUMBA

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Bersama mewujudkan wilayah hukum yang aman, ramah dan makmur merupakan komitmen dan prioritas bagi seluruh jajaran Polres Sumba Barat. Dibawah kepemimpinan AKBP Muhamad Erwin, jajaran dari seluruh fungsi yang ada bahu membahu menciptakan Sumba yang nyaman sesuai dengan tupoksi dan tanggung jawabnya masing-masing.

Berlandaskan visi dan misi Polri dimana Polisi merupakan Pelindung, Pengayom dan Pelayan masyarakat, banyak sudah program serta inovasi yang telah dilakukan Polres Sumba Barat untuk menciptakan Sumba yang aman dengan menekan angka kriminalitas serta memajukan Sumba dalam segala bidang. Pada bidang keamanan dan ketertiban, giat Patroli gencar dilakukan oleh seluruh jajaran yang tersebar di seluruh wilayah hukum Polres Sumba Barat. Untuk bidang pendidikan, Roadshow ke sekolah-sekolah juga menjadi agenda rutin kami guna mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berprestasi serta melek hukum. Sedang untuk bidang pertanian, bersama anggota Bhabinkamtibmas yang tersebar di penjuru desa, tak henti-hentinya kami melakukan inovasi dengan membekali warga untuk bercocok tanam maupun budidaya ikan. Dimana telah banyak Kelompok Tani Bhayangkara binaan para Bhabinkamtibmas yang telah berhasil dengan hasil pertanian dan budidayanya, bahkan ada satu desa yang kini menjadi Pilot Project karena kesuksesannya dalam Tanam Bawang Merah.

Selain untuk menjadikan Sumba yang makmur, semua ini juga kami lakukan semata-mata untuk memutus mata rantai penyebab meningkatnya angka kriminalitas di wilayah hukum Polres Sumba Barat. Tak dapat ditampik, rendahnya sumber daya manusia dan perekonomian merupakan faktor utama terjadinya kriminalitas. Besar harapan kami dengan bekal ilmu yang telah diterima warga, dapat meningkatkan taraf hidup mereka yang secara otomatis berimbas dengan menurunnya angka kriminalitas di Bumi Sumba ini.

Menjadikan Sumba aman dan nyaman bagi para pelancong juga merupakan tugas kami. Destinasi wisata yang ditawarkan oleh Surga Tersembunyi Timur Indonesia ini tak kalah dengan daerah lain. Bahkan kami berani bersaing dengan segala keindahan, keunikan, pesona dan keaneka ragaman budaya serta adat istiadat yang dimiliki oleh Sumba. Pantai dan padang savana mendominasi wilayah Sumba, dimana ini merupakan ciri khas serta identitas yang Sumba miliki.

Tak hanya view yang memanjakan mata pelancong, keunikan dan kekentalan budaya serta adat istiadat Sumba juga telah mencuri perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebut saja Pasola, The Most Popular Cultural Atraction ini merupakan ikon budaya original milik Sumba. Selalu mengingat sejarah peninggalan leluhur dan menjaga serta melestarikan adat istiadatnya, gelar Festival Pasola tentang kisah seorang janda cantik bernama Rabu Kaba rutin dilakukan oleh masyarakat setiap tahunnya. Sajian Perang Berkuda dengan bersenjatakan tombak selalu dinantikan oleh para wisatawan setiap tahunnya.

Tradisi lain milik Sumba yang juga menarik hati para pelancong adalah Pokdu, yaitu tradisi yang dilakukan setiap tahunnya oleh Agama Marapu dimana tarian adat Kataga dan Woleka ada didalamnya. Para penganut Agama Marapu ini merupakan suku asli Sumba yang tinggal di sebuah kampung yang bernama Kampung Tarung. Keunikan Kampung Tarung ini adalah masyarakatnya masih mempertahankan peninggalan nenek moyang dengan setiap hari menjalani hidup bak masih di jaman batu. Berdampingan bahkan ada ditengah-tengah era modernitas tak sedikitpun menghilangkan peninggalan pra sejarah leluhur mereka.

Itulah Sumbaku dengan segala pesona dan keunikan serta kekentalan budaya yang dimilikinya, kini Surga Tersembunyi Timur Indonesia ini telah dikenal oleh dunia. Bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, kami jajaran Polres Sumba Barat akan selalu menjaga serta memajukan Sumba termasuk mengenalkan Sumba yang aman, ramah dan makmur kepada dunia. Atas bimbingan dan dukungan Kapolres AKBP Muhamad Erwin, melalui Fungsi Humas Polres Sumba Barat kami akan selalu mengeksplore dan mengekspose Sumba yang aman, ramah dan makmur dengan keaneka ragamannya.

 Jangan berpikir dua kali untuk mengawali destinasi wisata anda ke Surga Tersembunyi Timur Indonesia milik kami.

INDONESIAKU, INDONESIAMU

 

 

Editor   : F Budiono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Cegah Tindak Kejahatan, Polsek Loura Tingkatkan Patroli

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Polsek Loura Melaksanakan patroli di tempat – tempat rawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *