Waspada Cuaca Ektrem, Simak Sederet Imbauan Kapolres Sumba Barat

Waspada Cuaca Ektrem, Simak Sederet Imbauan Kapolres Sumba Barat
Kapolres Sumba Barat mengimbau masyarakat waspada cuaca ekstrem. Mapolres Sumba Barat. Kamis (2/3/2023). (Dok: Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Sudah lebih dari sebulan lamanya Kabupaten Sumba Barat mengalami cuaca yang kurang bersahabat, hujan disertai angin kencang mendominasi cuaca pada beberapa waktu lalu hingga saat ini.

Kepala Kepolisian Resor Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., mengimbau masyarakat, khususnya warga di Kabupaten Sumba Barat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait cuaca ektrem saat ini. Kamis (2/3/2023).

“Layaknya kemarin lalu (28/2), cuaca sangat tidak bersahabat, hujan disertai angin dari sore hingga pagi (1/3). Maka dari itu kita harus siap siaga menghadapi cuaca ekstrem ini, syukur hari ini (2/3), cuaca cerah,” ujar AKBP Agung.

Cuaca esktrem, kata AKBP Agung, dapat menimbulkan banyak kerugian, oleh sebab itu kita dianjurkan untuk melakukan penataan lingkungan dengan baik, tidak membuang sampah dan melakukan penebangan pohon sembarangan serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

"Dahan dan ranting pohon yang sudah rapuh segera lakukan pemangkasan. Bagi yang berada di wilayah bukit dan pegunungan waspadai terjadinya tanah longsor, serta yang berada di daerah dekat sungai waspadai datangnya banjir," tambahnya.

Mantan Kabag Analis Ditintelkam Polda NTT ini juga mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat berkendara, terutama bagi warga yang hendak berpergian jauh.

“Sebelum berpergian harus siap diri (sehat jasmani dan rohani), siap kelengkapan kendaraan (sesuai standar dan menyiapkan jas hujan bagi pengendara roda dua), waspada jalanan licin dan pohon tumbang, serta yang terpenting berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum memulai perjalanan,” tandas Kapolres.

 

 

Penulis : Jamet.

Penulis : Mondy.

Editor  : Kumbara.

Editor  : Kris J.

Penanggung Jawab : Ben7.