Amankan Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu 2024, Polres Sumba Barat Kerahkan 285 Personel Pengamanan TPS

Amankan Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu 2024, Polres Sumba Barat Kerahkan 285 Personel Pengamanan TPS
Foto : Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, S.H., saat pimpin apel pergeseran pasukan pengamanan TPS Pemilu 2024. Dok. Humas Polres SUmba Barat. Senin, 12/2/2024.

Tribratanewssumbabarat.com " Pagi tadi Polres Sumba Barat gelar Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kabupaten sumba barat dan sumba tengah. Membawahi dua kabupaten dengan wilayah yang cukup luas, Polres Sumba Barat mengerahkan hampir seluruh personelnya dalam pelaksanaan pengamanan TPS pada pemilu 2024 kali ini. Sebanyak 285 personel dikerahkan Kapolres Sumba Barat AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K., pada pelaksanaan pengamanan TPS Pemilu 2024 yang akan berlangsung 14 Februari nanti. 

Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, S.H., pimpin Apel pergeseran pasukan pagi ini di lapangan pasola Polres Sumba Barat. Turut hadir dalam pelaksanaan apel pagi ini, Seluruh Forkopimda Kabupaten Sumba Barat. Peserta Apel pagi ini diantaranya Seluruh PJU Polres Sumba Barat, Danki 2 dan 3 Brimob Batalyon C Pelopor, satu peleton personel Kodim 1613 Sumba Barat, satu peleton gabungan Brimob Kompi 2 dan 3 Batalyon C Pelopor dan seluruh personel Polres Sumba Barat yang terlibat dalam sprin pengamanan serta gabungan staf yang disiapkan sebagai personel pam mako.

 


Dalam amanatnya Bupati Sumba Barat menitipkan pesan kepada seluruh personel yang terlibat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan, tetap mengedepankan tindakan humanis dengan melakukan berbagai upaya pencegahan dan penggalangan kepada seluruh masyarakat agar terwujud pemilu yang aman, damai dan sejuk di kabupaten sumba barat dan sumba tengah yang kita cintai. Rangkul semua pihak untuk bersama - sama menjaga situasi kamtibmas agar senantiasa kondusif, jika ada pihak - pihak yang berpotensi mengacaukan jalannya pesta demokrasi yang berlangsun tindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

 

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyematan kelengkapan pengamanan yang telah dibagikan kepada seluruh personel sebagai sarana pendukung pelaksanaan pengamanan oleh Bupati Sumba Barat kepada perwakilan personel Pengamanan.

 


Adapun rencana pergeseran logistik pemilu rencananya siang ini akan dilakukan pergeseran logistik pemilu yang berada di kabupaten sumba tengah. Pergeseran Logisttik pemilu dari gudang logistik KPUD kabupaten sumba tengah ke PPK dan dilanjutkan ke TPS yang berada di wilayah kabupaten sumba tengah. Pergeseran Logistik pemilu tersebut langsung mendapatkan pengawalan melekat oleh personel yang bertugas sebagai personel pengamanan TPS. Sedangkan untuk wilayah kabupaten sumba barat pergeseran logistik pemilu direncanakan besok, 13 Februari 2024 dengan pola yang sama.


Usai pelaksanaan Apel pagi tadi, kegiatan dilanjutkan dengan patroli skala besar. Pelaksanaan patroli skala besar pagi ini sebagai wujud nyata sinergitas TNI - Polri dalam mengawal jalannya pesta demokrasi pemilu 2024. Hal ini juga sebagai wujud kesiapan TNI - Polri dalam menjaga kondusifitas situasi kamtibmas selama jalannya pemilu 2024.

 


Kapolres Sumba Barat usai pelaksanaan apel pergeseran pasukan juga kembali mengingatkan seluruh personel untuk tetap jaga netralitas, jaga soliditas serta jangan underestimate terhadap situasi kamtibmas yang ada, tetap tingkatkan kewaspadaan dan lakukan deteksi dini terhadap perkembangan situasi yang terjadi. Laporkan secara berjenjang setiap perkembangan situasi kamtibmas yang terjadi agar dapat segera dilakukan langkah antisipasi bila ada gangguan kamtibmas di wilayah masing - masing. Pungkas AKBP Benny.

 

 


Humas Polres Sumba Barat*