Kapolres Sumba Barat Duduk Membaur Bersama Para Rato Jelang Ritual Tinju Adat "PAJURA"

Kapolres Sumba Barat Duduk Membaur Bersama Para Rato Jelang Ritual Tinju Adat

Tribratanewssumbabarat.com ; Jelang pelaksanaan ritual adat Pasola Wanokaka, ada sebuah ritual yang dilaksanakan pula yakni Pajura. Pajura merupakan salah satu ritual adat dari rangkaian pelaksanaan Pasola. Hari ini Minggu 20 Februari 2022 ( malam hari ), akan dilaksanakan ritual adat Pajura oleh masyarakat Wanokaka yang dipimpin langsung oleh para Rato adat. 


Terkait dengan pelaksanaan ritual adat Pajura, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K.,M.H., yang didampingi oleh Kasat Intel Polres Sumba Barat dan Kapolsek Wanukaka, menyambangi para Rato adat untuk membicarakan terkait pelaksanaan ritual adat Pajura. Kapolres Sumba Barat mengimbau dan mengajak para Rato agar tetap menjaga situasi Kamtibmas sehingga pelaksanaan kegiatan Pajura maupun kegaiatan Pasola dapat berlangsung dengan aman, damai dan lancar.


Kapolres Sumba Barat juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan Pajura maupun Pasola, akan melibatkan personel pengamanan dimana untuk menjaga agar penyelenggaraan pesta adat tersebut berjalan dengan aman dan tertib. Kegiatan pengamanan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat.


Terlepas dari hal tersebut, Kapolres Sumba Barat juga menyampaikan terkait penyebaran covid - 19 khususnya diwilayah Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Tengah. Oleh karena itu, Kapolres berharap agar seluruh masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan akan penyebaran pandemi tersebut dengan tetap menggunakan masker saat berarada ditempat umum. 


Harapan besar Kapolres Sumba Barat agar masyarakat turut bertisipasi dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, sehingga pelaksanaan ritual adat Pajura maupun Pasola dapat berlangsung dengan aman dan damai.


Penulis : Kumbara
Penulis : Jamet
Editor  : Konan
Penanggung jawab : Been7.