Kapolres Sumba Barat Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kapolres Sumba Barat Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Kapolres Sumba Barat pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Halaman Mapolres Sumba Barat. Kamis (1/6/2023), pagi. (Dok: Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Kapolres Sumba Barat AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K., memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 di Halaman Mapolres Sumba Barat.

 

Upacara yang berlangsung pada hari Kamis, tanggal 1 Juni 2023 pukul 08.00 WITA ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan anggota Polres Sumba Barat.

 

Personel Polres Sumba Barat saat mengikuti Upcara Hari Lahir Pancasila. (Dok: Hms Res SB).

 

Dalam upacara tersebut, Kapolres Sumba Barat AKBP Benny membacakan amanat Presiden Republik Indonesia.

 

Dalam amanat dijelaskan bahwa, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya memiliki peran penting sebagai falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar Negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum Negara. 

 

Pancasila merupakan dasar dan ideologi Negara yang mampu menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus menjadi pedoman dinamis dalam kehidupan bangsa untuk mewujudkan cita-cita pendirian negara, yaitu masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

 

Selain itu, penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengaktualisasikan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan, baik dalam bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara. Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berasal dari pengalaman faktual, akal, dan pengalaman religius bangsa Indonesia.

 

"Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, kita dapat memperlihatkan rasa cinta terhadap Tanah Air dan membangun bangsa serta Negara yang lebih baik. Pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan melalui tindakan sederhana, seperti saling menghargai, bekerjasama, dan saling menghormati," ujar Kapolres.

 

Kapolres Sumba Barat AKB Benny Miniani Arief, S.I.K., saat membacakan amanat Presiden Indonesia. (Dok: Hms Res SB).

 

Pancasila bukan hanya menjadi dasar negara dan tujuan berbangsa, tetapi juga menjadi pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila tidak dapat digantikan oleh apapun, baik pada masa lalu, saat ini, maupun masa yang akan datang.

 

"Oleh karena itu, peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengamalan nilai-nilai Pancasila, serta mendorong pencapaian kinerja, prestasi, terobosan, dan pembaharuan di tahun 2023 dan masa yang akan datang," tuturnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sumba Barat juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pemilihan Umum 2024, yang akan diselenggarakan secara serentak di tahun mendatang.

 

"Keterlibatan aktif seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat mewujudkan Pemilu yang jujur, aman, dan damai," imbuhnya.

 

Humas Polres Sumba Barat*