Konsisten Merdekakan Anak Pedalaman, SiBhandit Sambangi 2 Kelompok Belajar

Konsisten Merdekakan Anak Pedalaman, SiBhandit Sambangi 2 Kelompok Belajar

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ;  Bersama dengan Lembah Pustaka Digital yang selalu ia bawa kemana-mana, SiBhandit atau Si Bhabinkamtibmas Digital konsisten dalam memerdekakan anak-anak yang ada di pedalaman Sumba, sebagaimana arahan dari Kapolres Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H.

 

Berbasis literasi digital, Ps. Kanit Binmas Polsek Wanukaka ini gencar menyambangi anak-anak yang ada di pedalaman, khususnya mereka yang ada di wilayah Wanukaka. Terbukti Kamis (27/08/2020) Bripka Beny bersama motor jadulnya telah mendatangi anak-anak di dua lokasi secara bergantian, yakni di Desa Katikuloku dan Baliloku, Kecamatan Wanukaka, Kabupaten Sumba Barat.

 

Menyambangi Kelompok Belajar Generasi Cerdas binaannya yang ada di Desa Katikuloku, Bripka Beny tiba di aula kantor desa sekitar pukul 15.00 Wita. Mulai memasang serta menyetting perangkat atau server lokal yang ada di samping kanan dan kiri motor jadulnya, tampak anak-anak tak sabar ingin segera berselancar Lembah Pustaka Digital dengan perangkat yang mereka bawa.

 

Mengakses informasi dan edukasi yang disajikan oleh Lembah Pustaka Digital dari materi-materi pembelajaran mulai jenjang SD, SMP, SMA dan SMK hingga video, animasi dan komik yang atraktif serta edukatif, anak-anak sudah mulai terbiasa berselancar seolah-olah sedang online.

 

Ya, dalam mengakses Lembah Pustaka Digital anak-anak memang tidak melakukannya secara online akan tetapi offline. Karena aplikasi ini memang diperuntukkan untuk membantu serta memerdekakan anak-anak yang ada di pedalaman Sumba dalam hal pendidikan, di mana jauh dari jangkauan internet.

 

Dan yang terbaru dari Lembah Pustaka Digital, saat ini SiBhandit juga memfasilitasi anak-anak dengan wifi gratis. Bukan tanpa alasan, selama mendampingi anak-anak pada saat belajar bersama ditemui kendala ketika mereka akan mengumpulkan tugas kepada gurunya. Sehingga usai ber offline ria, merekapun dapat online dengan batasan tertentu.

 

Sekitar pukul 18.30 Wita, Bripka Beny bergeser ke rumah Kepala Desa Baliloku. Di sana Kelompok Belajar Tunas Bangsa telah menanti kedatangan Lembah Pustaka Digital. Ingin agar anak-anak di pedalaman 'Melek Literasi', SiBhandit tak main-main dalam mendampingi dan mengajarkan anak-anak agar gemar membaca sehingga dapat berprestasi layaknya anak-anak yang selalu mendapat fasilitas dengan begitu mudahnya. 

 

'Perasaan lega dan puas begitu saya rasakan ketika mendampingi anak-anak belajar sekaligus menyelesaikan tugas sekolahnya dengan bantuan Lembah Pustaka Digital', ujar Bripka Beny. 'Gurat senyum, candaan dan ketertarikan mereka ingin terus menggali isi dari Lembah Pustaka Digital makin membuat saya optimis bahwasanya anak-anak yang ada di pedalaman tak kalah dengan anak-anak yang ada di perkotaan', tambahnya.

 

 

Diakhir kegiatan, ucapan terima kasih disampaikan oleh Kepala Desa Baliloku dan anak-anak kepada Kapolres Sumba Barat yang telah mengirimkan SiBhandit bersama Lembah Pustaka Digital nya. Sangat terbantu, mereka berharap kegiatan belajar bersama Lembah Pustaka Digital akan terus berkelanjutan. (FB36)