Home / BERANDA / Pengamanan Oleh Polres Sumba Barat Ditengah Kemeriahan Pesta Adat Pasola Lamboya Tahun 2017

Pengamanan Oleh Polres Sumba Barat Ditengah Kemeriahan Pesta Adat Pasola Lamboya Tahun 2017

  tribratanewssumbabarat.com _ Pasola, merupakan pesta adat dan budaya kebangaan masyarakat Sumba. Dimana ini merupakan salah satu dari sekian banyak adat dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Sumba. Dan hari ini bertempat di lapangan Hobakala, Desa Patiala Bawa, Kec. Lamboya, Kab. Sumba Barat, Sabtu tanggal 18 Februari 2017 pukul 09.00 Wita telah diselenggarakan Pesta Adat Pasola Lamboya Tahun 2017. Perayaan Pesta Adat Pasola ini dibuka oleh Camat Lamboya THIMOTIUS T. RAGGA, S.Sos dan dilanjutkan secara adat oleh Rato KEDU TALO NODU (Rato Malisu) yang ditandai dengan melepas dan melarikan 2 ekor Kuda Pemali kearah lapangan Pasola Hobakala, yaitu Kuda Walabaku (Malisu) dan Kuda Pemali Hogorakangali (Sodan). Yang kemudian Rato Adat melakukan atraksi saling melempar kayu sebanyak 3 kali, dan selanjutnya diikuti oleh para peserta Pasola lainnya yang berjumlah sekitar  kurang lebih 200 orang yang berasal dari 3 (tiga) Kecamatan, yaitu Kec. Lamboya, Wanokaka dan Laboya Barat. Pelaksanaan Pesta Adat Pasola Lamboya Tahun 2017 ini dihadiri oleh Bupati Sumba Barat Drs. AGUSTINUS NIGA DAWOLE, Bapak Kapolres Sumba Barat AKBP MUHAMAD ERWIN, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia ESTHY REKO ASTUTI, Anggota DPRD Kab. Sumba Barat, Sekda Kab. Sumba Barat, para Staf Ahli, para Asisten, para Pimpinan SKPD Kab. Sumba Barat, Camat Lamboya, Camat Wanokaka, Camat Laboya Barat, Danramil 1613-04 Walakaka, Kapolsek Lamboya, para Kepala Desa se-Kecamatan Lamboya, Wanokaka dan Laboya Barat, para Tokoh Masyarakat se-Kecamatan Lamboya, Wanokaka dan Laboya barat serta disaksikan oleh sekitar 10.000 (sepuluh ribu) orang masyarakat pencinta Budaya Pasola.

  Mengingat situasi dan kondisi Perayaan Pesta Adat Pasola yang begitu ramai dan banyak dipenuhi para penikmat budaya ini, maka Bapak Kapolres Sumba Barat AKBP MUHAMAD ERWIN memerintahkan anggotanya untuk melakukan pengamanan selama acara berlangsung hingga selesai. Pengamanan dilakukan oleh Personil Polsek Lamboya, Personil Polres Sumba Barat, Brimob Subden 4 Den A Pelopor Sumba Barat Daya, Dinas Perhubungan Kab. Sumba Barat dan Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Sumba Barat yang dipimpin oleh Kabag Ops Res Sumba Barat KOMPOL SIPRIANUS ABATAN.

  Tak hanya warga sekitar, Perayaan Pesta Adat Pasola kali ini juga banyak dihadiri oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Karena seperti yang kita tahu selain dikenal akan keindahan panoramanya, Sumba juga dikenal akan budaya Pasola nya yang unik beserta ritual yang mengiringi selama upacara berlangsung. Dan selama ini kegiatan Pesta Adat Pasola Lamboya merupakan salah satu tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Dimana Pesta Adat Pasola ini merupakan kegiatan rutin Sosial Budaya bagi masyarakat Lamboya, Wanokaka dan Laboya Barat, yang mana jadwal pelaksanaan selalu ditentukan oleh para Rato Adat Lamboya dan Laboya Barat. ( 18022017ressb.doc)

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Malam Akrab dan Pisah Sambut Waka Polres Sumba Barat

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Pasca pelaksanaan Upacara Serah Terima Jabatan Waka Polres Sumba Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *