Personel gabungan TNI - Polri Lakukan Pengamanan Kericuhan Pembukaan Lahan Garapan Didesa Pu'umawo.

Personel gabungan TNI - Polri Lakukan Pengamanan Kericuhan Pembukaan Lahan Garapan Didesa Pu'umawo.

Tribratanewssumbabarat.com" Telah terjadi kericuhan antara sejumlah pemilik lahan garapan yang berada di Desa Pu'umawo, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat. Diduga kericuhan terjadi akibat adanya kesalah pahaman antara pemilik lahan garapan.


Pada selasa 21 september 2021 pukul 09.00wita dilaksanakan pengerjaan pembukaan lahan tanam yang dipersiapkan untuk menanam jagung. Kejadian bermula akibat adanya perselisihan batas lahan garapan.

 


Dari lima orang pemilik lahan, terjadi perselisihan batas. Empat kelurga pemilik lahan yang berinisial DG, PB, SL dan DM merasa tidak puas dan menganggap bahwa pemilik lahan dengan inisial RG telah melewati batas dari lahan garapan mereka.


Sebelumnya sempat hadir Bupati Sumba Barat Yohanes Dade SH dengan didampingi Camat Kota Waikabubak dan Sejumlah Staf Protokol Kabupaten Sumba Barat menyaksikan pembukaan lahan tersebut.


Empat keluarga yang merasa batas lahan mereka sudah dilewati oleh saudara RG merasa tidak puas dan menganggap Bupati Sumba Barat memihak terhadap saudara RG.


Menerima informasi adanya kericuhan tersebut Kapolres Sumba Barat AKBP FX IRWAN ARIANTO S.I.K., M.H., memerintahkan jajaranya untuk mendatangi TKP dan menenangkan para pihak yang terlibat.


Setelah dilakukan penggalangan dan himbauan dari personel gabungan TNI - Polri akhirnya masa dapat tenang dan situasi kembali kondusif, selanjutnya dilaksanakan proses mediasi dikantor Desa Pu'umawo, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat.


Dimediasi langsung oleh Bupati Sumba Barat dan didampingi Camat Kota Waikabubak serta Kepaladesa Pu'umawo, akhirnya dari para pihak yang berselisih sepakat untuk tetap melanjutkan kegiatan pembukaan lahan tersebut. Selanjutnya akan dilakukan pertemuan tertutup antara ke lima pemilik lahan untuk menentukan batas lahan garapan sesuai hasil dari prona yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu.

 

Penulis : Kumbara
Penulis : Konan
Penulis : Jamet
Editor   : Been7