Propam Polres Sumba Barat Gelar Operasi Gaktiblin, Cek Kelengkapan Setiap Personel

Propam Polres Sumba Barat Gelar Operasi Gaktiblin, Cek Kelengkapan Setiap Personel
Wakapolres didampingi Kasipropam mengecek kelengkapan data diri salah satu personel Sat Samapta Polres Sumba Barat. (Dok: Humas Polres Sumba Barat).

Tribratanewssumbabarat.com; Propam Polres Sumba Barat gelar Operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Opsgaktiblin) terhadap seluruh personel usai apel pagi di Halaman Mapolres Sumba Barat. Rabu (27/9/2023).

 

Opsgaktiblin dipimpin langsung oleh Wakapolres Sumba Barat Kompol Lorensius, S.H., S.I.K., didampingi para PJU dan Kasipropam Ipda I Gusti Ngurah Agung Eka Saputra bersama personel Propam Polres Sumba Barat.

 

Kompol Lorens menjelaskan, pelaksanaan Gaktibplin ini ditujukan terhadap sikap tampang anggota, Gampol, kelengkapan surat data diri hingga Senpi dinas yang dipegang anggota.

 

“Kerapihan dalam berpenampilan, mulai dari rambut, kumis, jenggot dan brewok, kesesuaian Gampol, kebersihan Senpi serta data diri seperti KTA, KTP, SIM, Kartu Senpi, Kartu Psiko dan KIS,” ucapnya saat dikonfirmasi Humas Polres Sumba Barat, dilokasi.

 

Lebih dalam, Kompol Lorens mengatakan, Opsgaktiblin ini merupakan kegiatan rutin yang terus digelar oleh Seksie Propam Polres Sumba Barat.

 

“Gaktibplin ini dilakukan guna meminimalisir kelalaian personel sekaligus termasuk atensi perintah lisan Kadivpropam Polri Irjenpol. Drs. Syahardiantono, M.Si.,” jelasnya.

 

Dilanjutkan Kasipropam Ipda Agung, ia mengatakan, pada operasi pagi ini masih ditemukan personel yang tidak rapi dan tidak membawa data diri.

 

“Personel yang terjaring diberi tindakan disiplin serta teguran lisan agar segera merapikan dan melengkapi seluruh kekurangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” imbuh Ipda Agung.

 

Kasipropam saat mengecek kerapihan rambut personel Polres Sumba Barat. (Dok: Humas Polres Sumba Barat).

 

Ditempat terpisah, Kapolres Sumba Barat AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K., menuturkan, Gaktiblin dilakukan guna menuju Polri yang Presisi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

 

“Anggota Polri harus siap diri dan tertib sebelum melaksanakan tugasnya sebagai seorang pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” ujarnya.

 

Kapolres juga menegaskan agar kegiatan Gaktibplin ini dapat dilakukan secara terus menerus. Agar tidak ada lagi anggota yang lalai terhadap diri sendiri.

 

"Budayakan tertib dan disiplin terhadap diri sendiri, agar kita juga bisa maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tandas Kapolres.

 

Humas Polres Sumba Barat*