Simak 5 Poin pada Penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang digelar di Mapolres Sumba Barat

Simak 5 Poin pada Penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu 2024 yang digelar di Mapolres Sumba Barat
Foto Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai di Mapolres Sumba Barat, Dok. Humas Polres SB. Jumat, 24/11/23.

Tribratanewssumbabarat.com " Pagi tadi seluruh stakeholder terkait dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024 berkumpul di mapolres sumba barat untuk bersama - sama mendeklarasikan pemilu damai 2024. Tak hanya deklarasi damai, pada kegiatan pagi ini juga dilakukan penandatanganan deklarasi damai oleh seluruh pimpinan partai politik di kabupaten sumba barat bersama forkopimda, pimpinan KPUD dan Bawaslu kabupaten sumba barat. Jumat, (24/11/23).

 

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Bupati Sumba Barat Yohanis Dade, S.H., Dandim 1613 Sumba Barat letkol Inf. Yuliansa Fitrah, Kapolres Sumba Barat AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K., perwkilan Ketua Pengadilan Negeri Sumba Barat, perwakilan Kajari Sumba Barat, PLH Katua KPUD sumba Barat dan Perwakilan Ketua Bawaslu Sumba Barat, seluruh PJU Polres Sumba Barat serta 18 pimpinan Partai Politik Kabupaten Sumba Barat.

 

Berikut isi dari deklarasi damai yang ditandatangani pagi ini 

KAMI PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU TAHUN 2024 MENYATAKAN :

1. MELAKSANAKAN PEMILU TAHUN 2024 YANG DAMAI DAN KONDUSIF UNTUK MEWUJUDKAN DEMOKRASI YANG BERMARTABAT.

2. MELAKSANAKAN KAMPANYE PEMILU YANG AMAN, TERTIB, DAMAI, BERINTEGRITAS TANPA HOAX, POLITISASI SARA DAN POLITIK UANG.

3. AKAN MEMATUHI DAN MENTAATI SEGALA BENTUK DAN KETENTUAN YANG BERLAKU SERTA MENYELESAIKAN PERMASALAHAN SESUAI DENGAN KORIDOR HUKUM.

4. MENOLAK UPAYA YANG DAPAT MENIMBULKAN PERPECAHAN DIMASYARAKAT DAN MENGHINDARI KEGIATAN YANG BERSIFAT PROVOKATIF, MENGHASUT, UJARAN KEBENCIAN, SERTA TIDAK MENGGUNAKAN ISU SARA DALAM PELAKSANAAN PEMILU 2024.

5. MENCIPTAKAN SITUASI DAN KONDISI TETAP KONDUSIF DIWILAYAH KABUPATEN SUMBA BARAT.

 

Kapolres Sumba Barat menyampaikan, Polres Sumba Barat akan melakukan kegiatan pengamanan setiap tahapan pemilu 2024 secara maksimal, AKBP Benny juga menyampaikan pihaknya akan menjaga netralitas dalam semua tahapan pemilu yang erlangsung.

 

 

"Kembali kami menegaskan, Polri dalam hal ini Polres Sumba Barat akan bersikap netral, kami senantiasa mengingatkan seluruh personel untuk menjaga netralitas, jika ada personel yang terlibat politik praktis maka kami pastikan akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku. Ungkap AKBP Benny.

 

Melalui seluruh stake holder yang hadir dan juga pimpinan partai politik di kabupaten sumba barat yang hadir pada pelaksanaan penandatanganan deklarasi pemilu damai pagi ini, diharapkan kita semua bersama - sama menjaga situasi kamtibmas yang ada. Mari kita wujudkan pemilu yang aman, damai, jujur dan adil diwilayah hukum Polres Sumba Barat. Pungkas AKBP Benny.

 

 

Sebelumnya, Buati Sumba Barat dalam sambutannya juga mengajak kepada seluruh stake holder terkait yang hadir pada pagi tadi untuk menciptakan suasana pemilu yang aman, damai dan sejuk di kabupaten sumba barat. Sedangkan Dandim 1613 mengatakan bahwa Kodim 1613 akan menjaga netralitas, tidak akan ditolerir bagi personel Kofim 1613 yang terlibat politik praktis.

 

Silahkan adukan ke kami, jika ada personel Kodim 1613 Sumba Barat yang terlibat dalam politik praktis selama pelaksanaan tahapan pemilu 2024 berlangsung. Kami sudah menyiapkan Posko Pengaduan di Makodim 1613 yang aktif setiap harinya 1x24 jam. Pungkas Letkol Inf. Yuliansa Fitrah.

 

 

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan deklarasi pemilu damai yang berisikan 5 poin diatas oleh seluruh pimpinan partai politik dan juga Forkopimda bersama Ketua KPUD dan Bawaslu Kabupaten Sumba Barat yang hadir pagi tadi.

 

 

 

 

 

Humas Polres Sumba Barat.