Bakti Kesehatan Peringati Hari Bhayangkara ke-76, Polres Sumba Barat Gelar Donor Darah

Bakti Kesehatan Peringati Hari Bhayangkara ke-76, Polres Sumba Barat Gelar Donor Darah
Kapolres Sumba Barat bersama Dandim 1613 Sumba Barat sedang mendonorkan darah dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76 di Lobby Pasola Mapolres Sumba Barat. Selasa (7/6/2022), pagi. (Dok: Humas Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Menyambut Hari Bhayangkara ke-76 yang jatuh pada tanggal 1 Juli tahun 2022 mendatang, Kepolisian Resor Sumba Barat menggelar bakti kesehatan donor darah di Lobby Pasola Mapolres Sumba Barat. Selasa (7/6/2022), pagi.

 

Kegiatan donor darah tersebut mengusung tema “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh.”

 

Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., didampingi Kasi Dokkes Polres Sumba Barat Ipda dr. Kristina mengatakan, donor darah ini merupakan wujud nyata kepedulian keluarga besar Polres Sumba Barat terhadap masyarakat yang membutuhkan darah, terlebih di tengah masa pandemi Covid-19  saat ini.

 

“Kegiatan donor darah ini juga dimaksudkan untuk menambah ketersediaan stok darah di PMI kabupaten Sumba Barat. Semoga apa yang kita lakukan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat, terutama yang membutuhkan transfusi darah,” begitu kata AKBP Gde Anom saat dikonfirmasi Kasubsi PIDM Polres Sumba Barat Aipda Beni Kuswanto.

 

Kapolres Sumba Barat ikut langsung pada pelaksanaan donor darah pagi ini bersama Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Inf. Czi. Rahadian Firnandi, S.Hub., Int., personel Polres Sumba Barat, personel Kodim 1613 Sumba Barat dan Kompi 2 Batalyon C Sumba Barat.

 

Ia menjelaskan bahwa, bakti kesehatan donor darah ini diselenggarakan atas kerja sama Polres Sumba Barat dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumba Barat. Nantinya seluruh kantong darah yang didapat akan ditransfusikan dan di distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Sebelum mendonorkan darah, para peserta wajib menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan oleh tim medis diantaranya, pengecekan suhu tubuh, cek tekanan darah dan pemeriksaan hemoglobin (HB) agar dapat dipastikan hasilnya baik dan siap untuk digunakan bagi siapa saja masyarakat yang memerlukan.

 

“Donor darah hanya bisa dilakukan bagi peserta yang memenuhi syarat kesehatan. Selain itu rangkaian kegiatan dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid 19,” tandasnya.

 

 

 

Penulis; Kumbara.

Penulis; Mondy.

Penulis; Jamet.

Penanggungjawab; Been7.