Ganti Tongkat Kepemimpinan, Polres Sumba Barat Gelar Upacara Pisah Sambut Kapolres dengan Pedang Pora Sebagai Pengantar Kapolres Lama Ketempat Tugas Baru

Ganti Tongkat Kepemimpinan, Polres Sumba Barat Gelar Upacara Pisah Sambut Kapolres dengan Pedang Pora Sebagai Pengantar Kapolres Lama Ketempat Tugas Baru

Tribraranewssumbabarat.com ; Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST / 166 / l / KEP./ 2022, tanggal 24 Januari 2022, tentang mutasi jabatan dilingkungan Polri, Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K.,M.H., di mutasikan sebagai Kapolres Kupang dan jabatan Kapolres Sumba Barat di gantikan oleh AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K.,M.H.


Terkait mutasi jabatan diatas, hari ini Jumat tanggal 11 Februari 2022, dilaksanakan penyambutan Kapolres Sumba Barat baru yang diwarnai dengan tarian adat Sumba serta selempang kain Sumba oleh Kapolres Sumba Barat yang lama. Tak lupa dalam penyambutan tersebut, dilaksanakan Jajar Penghormatan kepada Kapolres baru. Kegiatan tersebut, dilanjutkan Laporan Satuan oleh Kapolres Sumba Barat yang lama kepada Kapolres Sumba Barat yang baru, di Aula Sanika Satyawada Polres Sumba Barat yang dihadiri oleh seluruh Perwira dan Bintara Polres Sumba Barat. 


Sebagai Kapolres Sumba Barat yang lama, AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., menyampaikan terkait situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Sumba Barat yang membawahi 2 (dua) Kabupaten yakni Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Tengah. Selain itu, beliau juga menyampaikan beberapa hal terkait pelaksaan tugas serta daerah - daerah rawan kejahatan yang menjadi prioritas selama beliau memimpin Polres Sumba Barat. 


Sebagai pejabat yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kapolres sumba barat selama kurang lebih satu tahun delapan bulan. AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., ia berpesan kepada seeluruh personel polres sumba barat agar tetap berikan yang terbaik dan tingkatkan yang sudah baik untuk menjadi lebih baik kepada Kapolres penggantinya.


"Yang lama meninggalkan kenangan, yang baru membawa harapan" ujar AKBP FX Irwan mengakhiri sambutannya.

 

Setelah Laporan Satuan oleh Kapolres Sumba Barat yang lama, di lanjutkan dengan perkenalan oleh Kapolres Sumba Barat yang Baru. Dalam sambutan Kapolres Sumba Barat yang baru, beliau menyampaikan  apresiasi kepada AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H. atas sejumlah inovasinya di Polres Sumba Barat. Saya akan melanjutkan inovasi yang lakukan oleh Kapolres lama, ucap Kapolres Baru. 


Sebagai Pejabat Baru Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K.,M.H. berharap agar seluruh Perwira dan juga personel Polres Sumba Barat tetap mendukungnya dalam pelaksanaan tugas kedepan. 

"Mari kita berbuat yang baik untuk Polres Sumba Barat yang lebih baik" ujar AKBP Agung mengakhiri sambutannya.

Setelah acara Laporan Satuan, dilanjutkan dengan Apel kenal pamit oleh Kapolres Sumba Barat yang lama dan Kapolres Sumba Barat yang baru kepada Personel Polres Sumba Barat. Turut hadir dalam apel tersebut personel Kodim 1613 sumba barat.


Rangkaian kegiatan pada Jumat pagi di tutup dengan pelaksanaan tradisi Pedang Pora dalam melepas Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., bersama Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Sumba Barat Ny. Dian FX Irwan untuk melanjutkan pengabdian beliau Sebagai Kapolres Kupang. Perpisahan tersebut di warnai dengan kejutan dari personel Samapta Polres Sumba Barat yang langsung memanggul beliau sampai ke mobil pengantar. Lambaian tangan oleh seluruh personel mengiringi perjalanan beliau dan keluarga.


Selamat Jalan AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H. dan Keluarga, semoga selalu di lindungi Tuhan Yang Maha Kuasa dan sukses selalu di tempat tugas yang baru. 


Penulis : Kumbara
Editor   : Konan
Editor   : Jamet
Penanggung jawab : Been7.