Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 | Posko Terpadu Lamboya Imbau 4 Warga dari Luar Pulau untuk Isolasi Mandiri

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 | Posko Terpadu Lamboya Imbau 4 Warga dari Luar Pulau untuk Isolasi Mandiri

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Bertempat di depan Kantor Kecamatan Lamboya, pagi ini sekitar pukul 08.00 Wita tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di Posko Terpadu Kecamatan Lamboya telah standby untuk melakukan pemeriksaan dan pengawasan serta pengecekan kendaraan yang melintas, Senin (13/04/2020).

 

Tim terpadu yang berasal dari unsur Pemerintah Kecamatan Lamboya, Polsubsektor Gaura dan Koramil 1613-02 Walakaka serta Puskesmas Gaura ini dipimpin langsung oleh Camat Lamboya Yulius Kadobo L, ST dengan didampingi Ka Polsubsektor Gaura Aipda M. Dohir dan Babinsa Gaura.

 

Baca Juga : 

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 | Posko Terpadu Wanukaka Imbau 14 Mahasiswa untuk Isolasi Mandiri

 

Berjumlah total 15 orang yang bertugas di Posko Terpadu Covid 19 Kecamatan Lamboya, selama gelaran pemeriksaan, tim melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap kendaraan-kendaraan yang melintas baik itu roda 2, 4 maupun 6. Hal ini dilakukan guna memastikan kendaraan-kendaraan tersebut tidak membawa virus dari luar.

 

Mendata warga atau masyarakat yang melintas, khususnya mereka yang berasal dari luar daerah, tim dari kesehatan juga memeriksa kesehatan atau suhu tubuh sebagaimana gejala awal yang ditimbulkan apabila seseorang dinyatakan terpapar Virus Corona atau Covid 19, seperti demam, batuk, Flu dan sesak napas.

 

Selama pelaksanaan giat pemeriksaan oleh tim Posko Terpadu, masyarakat sangat pro aktif dan menyambut baik upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid 19 ini. Dan selama gelaran berlangsung, terdapat 4 (empat) orang yang diketahui baru saja tiba dari luar Pulau dengan menggunakan alat transportasi udara.

 

Keempat orang yang merupakan warga Sumba Barat ini diimbau oleh petugas untuk melakukan 'Isolasi Mandiri' selama 14 hari ke depan hingga dipastikan mereka benar-benar tidak membawa maupun terpapar Coronavirus Disease 2019. Sedangkan langkah isolasi mandiri ini adalah upaya yang paling tepat dalam menangani ODP (Orang Dalam Pemantauan) maupun PPDP (Pelaku Perjalanan Dalam Pemantauan), sehingga tidak menularkan ke orang lain.

 

Melalui jajarannya yang tersebar di wilayah, Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si. menitipkan pesan dan imbauan untuk warga agar mematuhi anjuran Pemerintah dan Maklumat Kapolri seperti rajin mencuci tangan, makan makanan yang bergizi, olahraga dan istirahat teratur demi menjaga imunitas tubuh. (FB36)