Jamin Keamanan Pelaksanaan Ritual Adat Pasola Lamboya 2022 ; Kapolres Sumba Barat Kerahkan Ratusan Personel Gabungan pada Beberapa Titik yang Dinilai Rawan

Jamin Keamanan Pelaksanaan Ritual Adat Pasola Lamboya 2022 ; Kapolres Sumba Barat Kerahkan Ratusan Personel Gabungan pada Beberapa Titik yang Dinilai Rawan

Tribratanewssumbabarat.com " Berlangsung 'Pesta Budaya Pasola Lamboya 2022' bertempat di Lapangan Hobakala, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, senin (1/2/22). Segala persiapan telah dilakukan sambut gelaran tradisi Khas Sumba ini, termasuk giat pengamanan oleh jajaran Polres Sumba Barat bersama personil gabungan Kodim 1613 Sumba Barat, Brimob Kompi 2 Batalyon C, Pol PP serta Dinas Perhubungan Kabupaten Sumba Barat.


Dipimpin oleh Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., Apel Persiapan Pengamanan Pesta Budaya Pasola dilaksanakan dan diikuti oleh para Perwira, Kapolsek serta Personel Gabungan Polres Sumba Barat dan Polsek. Apel persiapan juga di ikuti personil gabungan Kodim dan Brimob, Pol PP, Dinas Perhubungan Kabupaten Sumba Barat serta semua unsur terkait.

Ratusan personel gabungan diturunkan dan dibagi menjadi beberapa tim serta ditempatkan pada beberapa titik-titik guna tetap menjaga kestabilan situasi kamtibmas selama gelaran Pasola berlangsung. Kapolres sumba barat dalam arahannya mengingatkan seluruh personel pengamanan agar melaksanakan tugas dengan sungguh - sungguh dan tetap humanis.


"Kepada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan diharapkan tetap humanis, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Lakukan himbauan dan teguran dengan santun, langkah dan pola pengamanan yang kita terapkan semua mengacu pada kepatuhan terhadap protokol kesehatan covid-19. Mengingat varian baru civid - 19 ( Omicorn ) masih mengancam kita semua." Ungkap Kapolres.


Dua ekor Kuda Pamali masuk Lapangan Hobakala menandai dimulainya pasola, usai dilaksanakannya ritual adat Liomadongara di Pantai Karewee. Dengan demikian gelaran Pesta Budaya Pasola Lamboya 2022 resmi dibuka dan dilaksanakan. Sejak adanya pandemi covid - 19 pelaksanaan ritual adat pasola dilaksanakan dengan menerapkan batasan - batasan sesuai dengan protokol kesehatan covid -19. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran covid - 19.


Dari awal hingga akhir pesta adat pasola berlangsung secara aman dan lancar. Kapolres Sumba Barat memeberikan apresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada seluruh personil pengamanan serta kepada seluruh rato dan juga peserta atraksi sehingga tidak terjadi hal - hal yang menganggu situasi kamtibmas selama pasola berlangsung.


"Terimakasih kepada seluruh personil pengamanan yang terlibat, pasola lamboya tahun 2022 dapat berjalan aman dan lancar berkat kerja keras dan sinergitas kita semua. Kami juga menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerjasama dari seluruh tokoh adat dalam hal ini rato yang memimpin jalannya ritual adat "Pasola" serta seluruh pemain atraksi ritual adat pasola yang telah menjalankan pasola tahun ini dengan baik." Pungkas Kapolres.

 

 

Penulis : Kumbara
Penulis : Jamet
Editor  : Konan
Penanggungjawab : Been7.