Kabag Ops Polres Sumba Barat Pimpin Pengamanan Pesta Budaya Pasola Gaura 2020 

Kabag Ops Polres Sumba Barat Pimpin Pengamanan Pesta Budaya Pasola Gaura 2020 

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Festival Pasola Sumba 2020 masih terus berlanjut, usai gelaran Pasola Lamboya dan Pasola Wanukaka yang telah digelar beberapa waktu yang lalu, hari ini Kamis (19/03/2020) giliran pelaksanaan Pesta Budaya Pasola Gaura 2020 digelar di Lapangan Kadu, Desa Wetana, Kecamatan Laboya Barat, Kabupaten Sumba Barat. 

 

Berlangsung sekitar pukul 09.00 Wita pagi tadi, acara Pesta Budaya Pasola Gaura 2020 yang dibumbui ritual dan atraksi dari para pemain serta Rato Adat yang terlibat dibuka oleh Camat Laboya Barat Yulius Kadobo, S.T dan dilanjutkan secara adat oleh Rato Dailo Kole (Rato Ubu Ada penunggang kuda Mawo Kaha) dan Rato Tede Yeru Bota (Rato Ubu Moto sebagai penunggang kuda Wagekeja).

Baca Juga : Rangkaian Kunker | Tarian Adat Sumba Sambut Kedatangan Kapolda NTT di Mako Polres Sumba Barat sebelum Gelaran Tatap Muka

Gelaran Pesta Budaya Pasola Gaura 2020 dimulai dengan ditandai masuknya 2 (dua) ekor kuda Pemali kearah tengah Lapangan Kadu, yang kemudian diwarnai atraksi dari para Rato Adat yang saling melempar lembing kayu sebanyak 3 (tiga) kali dan diikuti oleh para peserta atau pemain. Pasola kali ini diikuti oleh 100 pemain atau penunggang kuda yang terdiri dari anak anak dan orang dewasa dari 2 (dua) desa, yaitu Desa Gaura dan Weetana serta tamu dari kecamatan Lamboya.

 

Terbagi menjadi 2 (dua) kelompok yakni Kelompok Kawango dan Boro, Pesta Budaya Pasola Gaura 2020 dihadiri oleh Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole, Sekda Kabupaten Sumba Barat, Asisten 2 Kabupaten Sumba Barat, para Pimpinan OPD Pemda Sumba Barat, Dandim 1613 Kolonel Infanteri Eko Wardono, Camat Lamboya, Camat Laboya Barat, Danramil 1613-02 Walakaka, Kapolsek Lamboya, para Kepala Desa se Kecamatan Laboya Barat, Tokoh Masyarakat se Kecamatan Lamboya dan Laboya Barat serta  masyarakat dan para wisatawan yang berjumlah kurang lebih sekitar 5.000 (lima ribu) orang.

 

Bertugas menjaga kestabilan situasi kamtibmas di wilayah hukumnya seperti yang sudah-sudah, pada gelaran Pesta Budaya Pasola Gaura 2020 seluruh jajaran Polres Sumba Barat atas instruksi dari Kapolres AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si. juga telah melakukan giat pengamanan selama berlangsungnya acara adat yang selalu diramaikan oleh ribuan pengunjung. 

 

Dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sumba Barat AKP Anthonius Mengga, giat pengamanan dilakukan oleh personel gabungan yang berasal dari Polres Sumba Barat, Koramil 1613-02 Walakaka dan Satuan Pol PP Kecamatan Laboya Barat. Bahkan sebelum pelaksanaan giat pengamanan, personel gabungan juga telah melakukan persiapan H-1 jelang Pasola dan Apel Persiapan pagi tadi di Lapangan Kadu.

 

Tak hanya giat pengamanan, pendekatan kepada para Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta pihak terkait sebelum gelaran Pasola berlangsung juga telah dilakukan oleh AKBP Khairul selaku pimpinan tertinggi di Polres Sumba Barat. Bukan tanpa sebab, upaya ini dilakukan mengingat Pasola merupakan even budaya yang masih sangat kental dengan adat istiadat serta ritual, dan dipastikan selalu dinanti oleh para penikmat budaya.

 

 

Dan agar terwujud kolaborasi yang baik, upaya pendekatan ini diharapkan dapat melancarkan jalannya Festival Pasola Sumba 2020 di wilayah hukum Polres Sumba Barat. 'Kami bertugas menjaga kestabilan situasi kamtibmas demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan wisatawan serta para pemain Pasola itu sendiri, sedangkan para Tokoh Adat atau Rato Adat bertugas dengan keberlangsungan gelaran Pasola dari awal hingga selesai', papar AKBP Khairul. 'Jadi untuk memulai dan mengakhiri gelaran Pasola adalah atas arahan dan perintah dari Rato Adat dan bukan dari kami', tambahnya. (f)

 

"FESTIVAL PASOLA SUMBA 2020 "
JAGA BUDAYA KITA
JAGA WARISAN LELUHUR KITA
JAGA KEBANGGAAN KITA BERSAMA YANG HANYA ADA DI SUMBA